Monday, October 26, 2020

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis disertai titik-titik (dotted) Pada Google Docs

Saat ini aplikasi Cloud Google Docs sudah dipakai oleh pengguna. Hal ini merupakan buah kemudahan dari teknologi yang semakin berkembang.

Kali ini kami akan berikan salah satu teknik "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis disertai titik-titik (dotted) Pada Google Docs". Tentunya hal ini penting dalam menyusun karya ilmiah, baik dari level basic hingga advanced.



Kami dapatkan referensi ini dari berbagai situs, dan kami sajikan dan jadikan lebih mudah untuk dapat dilihat di sini:

Anggap saja kita sudah memahami teknik Break (Menu Insert-Break) -> Page Break dan Section Break (Next Page). Hal ini digunakan untuk memilih mana halaman yang perlu di-customize, seperti halnya dalam word (tekniknya sama) di https://blog.webiot.id/2015/05/membuat-page-number-nomor-halaman.html .

Selain itu perlu dipahami juga teknik Heading (Bagian Normal text pada gambar), bisa dipilih Heading 1 dan seterusnya. Lalu Jadikan setiap bab dan sub bab sesuai dengan kebutuhan mana Heading 1, dan sub bab menjadi Heading 2, dan seterusnya. Jikalau ada perubahan pada ukuran dan jenis font, maka buat custom baik dengan menggunakan options, atau manual dan save as my default style.


Setelah dianggap sudah melakukan proses penempatan Heading untuk bab dan sub bab, selanjutnya masuk ke dalam halaman kosong untuk Daftar Isi. Pada bagian ini silahkan Klik Menu Insert-Table oc contents pilih yang 123 ada halamannya bukan hanya link saja. Sehingga muncul semua bab dan halaman yang telah dijadikan Heading sebelumnya. Tentunya hal ini belum ada titik-titiknya. Lalu bagaimana cara menambahkan titik-titik supaya rapi.

Pada gambar sebelumnya kita dapat melihat ada bagian ruler, jika tidak ada, maka tambahkan ruler dalam Menu View-Show Ruler. Beberapa hal terpenting ini harus diikuti agar sesuai dengan harapan. Oleh karena itu kami buat menjadi poin sebagai berikut:
  • Blok pada seluruh bagian kotak daftar isi. Klik kanan pada bagian akhir titik-titik yang diinginkan, berikan space untuk angka halaman jika memiliki angka ratusan maka jaraknya agak jauh. Kemudian pilih Add right tab-stop. Seketika angka halaman akan berada pada bagian klik kanan tadi.
  • Selanjutnya tekan Tab untuk menjadikan angka halaman pada ujung sebelah kanan.
  • Lalu tambahkan titik-titik (dot) setelah Bab ..... dan pastinya berhenti pada ujung sebelum angka halaman tadi, jika melebihi dari aturan yang telah ditetapkan sebelumnya, maka titik-titik akan ke bawah. Dengan demikian pembatasan titik-titik sudah berhasil.
Semoga dapat membantu kawan-kawan sekalian dalam memecahkan permasalahan yang serupa.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive