Saturday, April 8, 2023

Aneka Aplikasi dengan Bahasa Pemrograman C++ (cpp/ c plus plus)

 C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer dan dibuat oleh Bjarne Stroustrup. C++ telah mendukung konsep Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) inilah yang membedakan C++ dengan bahasa C.

Bahasa pemrograman C adalah bahasa pemrograman komputer yang bertujuan secara umum untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie. Secara desainnya, fitur C jelas memiilki target yang mencerminkan kemampuan CPU.


C++ pada awalnya disebut sebagai "C dengan Kelas" (C With Classes) dan diciptakan untuk memiliki fitur pemrograman berorientasi objek. Karena C++ berdasarkan dari C, maka kebanyakan kode C bisa dirakit di kompilator C++ dengan mudah. Perbedaan keduanya seperti kata "new" dan "delete" terdapat di kode C dan tidak bisa dirakit di C++ karena kata-kata ini adalah bentuk (message) C++. Pustaka C biasanya bisa diimpor ke pustaka C++, tapi karena kompilator C dan C++ memiliki "name mangling" yang berbeda, maka perubahan kecil di kode C perlu dilakukan.


Kompilasi di C++ merupakan proses mengubah code menjadi bahasa komputer sebagaimana komputer hanya mengerti instruksi 1 dan 0. Standarisasi C++ telah dikeluarkan mulai tahun 1998 hingga yang terbaru pada tanggal 12 Agustus 2011 yang diterbitkan sebagai C++. 

Berikut compiler yang telah menggunakan C++:


IDE Platform Command

GCC Linux g++ -std=c++0x example.cpp -o example_program


Clang OS X clang++ -std=c++11 -stdlib=libc++ example.cpp -o example_program



Untuk memudahkan pengguna mengkompilasi program C++ dengan menggunakan Integrated Development Environment (IDE). Berikut beberapa IDE yang mendukung bahasa C++:


IDE Platform

Code::Blocks Windows, Linux, macOS

Dev-C++ Windows

Visual Studio Code Windows, Linux, macOS

Visual Studio Windows



There are good free C++ compilers available for all major OS platforms:

Gnu Compiler Collection: Includes g++, a popular C++ compiler. A build for Windows is available here, builds for other platforms are likely available via your platform’s package manager, or you can build it yourself using instructions here.

Clang: A new open-source C++ compiler for various platforms.

Visual C++ 2017 Community: A free Windows C++ compiler by Microsoft.

Embarcadero: A free Clang-based C++ compiler by Embarcadero.

Oracle Solaris Studio C++ Compiler: A C++ compiler for Solaris and some distributions of Linux, free for all commercial and non-commercial use.

IBM XL C/C++ Compiler: A Clang-based Community Edition is available for Linux on Power, free for production use.




Struktur Dasar Struktur adalah susunan, dasar adalah bagian paling bawah, dapat disimpulkan bahwa struktur dasar adalah yang paling mendasar dari C++. Input Output Proses input dan output merupakan hal yang penting agar kita dapat berinteraksi dengan program. Di dalam C++ terdapat beberapa fungsi untuk melakukan input dan output. Tipe Data Setiap tipe data digunakan untuk menampung konten yang berbeda. Tipe data yang menentukan jenis dari konten yang akan diisikan ke dalam variabel.


Operator

Operator meliputi operasi aritmatika dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain aritmatika dasar, terdapat juga operator-operator lainnya yaitu assignment, unary, equality and relational, dan condition.


Percabangan

Jalannya suatu program pasti akan bergantung pada kondisi yang dipilih. Untuk itu kita memerlukan percabangan yang berfungsi sebagai control flow statement atau statement yang dapat mengontrol alur jalan suatu kode berdasarkan kondisinya.


Perulangan

Perulangan adalah kode yang bisa kita gunakan untuk mengulang beberapa instruksi kode, seperti for, while, dan do-while.


Array

Array adalah kumpulan data yang dimasukkan ke dalam satu objek.


Fungsi

Fungsi adalah kumpulan dari beberapa statement yang melakukan tugas tertentu dan dapat dipanggil di dalam fungsi lainnya.


Header

Header adalah file yang berisi kumpulan fungsi dan variabel yang digunakan ke dalam program C++.



__________________________________________________________________________
Problem
CodeBlocks C++ program not running
Resolve
go to "Compiler Settings" ("Settings" -> "Compiler" -> Global compiler settings), and Click "Reset Defaults". Ini akan mencari lokasi minGW yang sudah ada di komputer. Pastikan MinGW sudah terinstall sebelumnya.



No comments:

Post a Comment