Sunday, September 10, 2023

Bahasa Pemrograman Java - Belajar1

Java adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang kuat. Ini digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop dan seluler, pemrosesan data besar, sistem tertanam, dan sebagainya. Menurut Oracle, perusahaan pemilik Java, Java berjalan di 3 miliar perangkat di seluruh dunia, menjadikan Java salah satu bahasa pemrograman paling populer.


Java adalah bahasa pemrograman yang populer.

Java digunakan untuk mengembangkan aplikasi seluler, aplikasi web, aplikasi desktop, game, dan banyak lagi.


Java adalah bahasa pemrograman dan platform komputasi yang pertama kali dirilis oleh Sun Microsystems pada tahun 1995. Java telah berevolusi dari awal yang sederhana hingga memberdayakan sebagian besar dunia digital saat ini, dengan menyediakan platform yang andal di mana banyak layanan dan aplikasi dibangun. Produk-produk baru dan inovatif serta layanan digital yang dirancang untuk masa depan juga terus mengandalkan Java.



Langkah pertama dalam pembuatan sebuah program berbasis Java adalah menuliskan kode program pada text editor. Contoh text editor yang dapat digunakan antara lain: notepad, vi, emacs dan lain sebagainya. Kode program yang dibuat kemudian tersimpan dalam sebuah berkas berekstensi .java.

Setelah membuat dan menyimpan kode program, kompilasi file yang berisi kode program tersebut dengan menggunakan Java Compiler. Hasil dari kompilasi berupa berkas bytecode dengan ekstensi .class.

Berkas yang mengandung bytecode tersebut kemudian akan dikonversikan oleh Java Interpreter menjadi bahasa mesin sesuai dengan jenis dan platform yang digunakan.



Code:

public class helloWorld {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Hello, World!");
    }
}

No comments:

Post a Comment