Wednesday, January 26, 2011

Install Gyachi Di Ubuntu 10.10 - Updated

About GYachE
Gyachi. Program messenger yang bisa menangani dan menggantikan yahoo messanger. Lama juga sejak pertama makai dulu. Duh jadi inget saat-saat menggunakan distro linux bikinan anak negeri, Zencafe 1.4 dulu.



Zencafe sebagai distro linux made in Indonesia yang sengaja didesain sebagai distro untuk warnet linux, maka tidak salah bila didalamnya telah disematkan aplikasi messenger yang lazim digunakan. Disini, zencafe memilih gyachi sebagai substitusi-nya yahoo messenger.



Kalau di zencafe telah terpasang, terus di ubuntu gimana dong cara menginstallnya? karena seperti yang kita tahu itu belum terinstall kan?



Sebenarnya di ubuntu [apalagi] 10.10 telah ada aplikasi multi messenger yang bisa digunakan untuk chating, yaitu Empathy Internet Messaging.



Install Gyachi di Ubuntu 10.10 :



1. Masukkan repository paket untuk gyachi





sudo add-apt-repository ppa:adilson/experimental





2. Update repository baru



sudo apt-get update





3. Install Gyachi



sudo apt-get install gyachi





Tunggu hingga semua selesai. Setelah selesai installasinya, kita bisa menjalankan gyachi dari menu Application >> Internet >> GYachE Improved
Masukkan id ym disini dan klick Login


Begitu dah cukup jo..



BONUS !!!



Kalau tidak berhasil dalam install Gyachi ini, mungkin ada library yang belum terinstall di sistem kita. Saya bisa dengan cara ini karena library yang di minta telah tertanam dalam komputer. Library tersebut adalah libgtkhtml 2-0, sebuah engine untuk merender, print dan edit HTML. Gyachi membutuhkan library ini. Jadi coba download dan install dulu :



http://packages.debian.org/lenny/i386/libgtkhtml2-0/download



Kita juga bisa mendownload installernya dari sini :



https://launchpad.net/~loell/+archive/ppa/+build/1806226



Terimakasih atas info yang dibisikkan kesayah ya gan..



No comments:

Post a Comment