Thursday, July 26, 2012

Trik Mengatasi Error Man In The Middle Attack SSH


Sudah lama saya sering mengalami masalah ini, yaitu ketika saya sedang meremote sebuah komputer, saya dituduh melakukan serangan man-in-the-middle-attack terhadap komputer yang ingin saya remote tersebut. Padahal saya sendiri tidak tahu apa itu man in the middle attack -__-.
Yap, kalian pasti tahu kalau SSH adalah aplikasi protokol untuk melakukan remote IP. Nah, yang saya maksud error Man In The Middle Attack itu adalah muncul peringatan kira-kira seperti ini :

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ @ WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED! @ @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ IT IS POSSIBLE THAT SOMEONE IS DOING SOMETHING NASTY! Someone could be eavesdropping on you right now (man-in-the-middle attack)!

Nah, setelah mencari-cari sekian lama, akhirnya saya pun mengetahui cara untuk mengatasinya. Hal tersebut sebenarnya terjadi ketika semacam key yang kita butuhkan untuk konek ke komputer yang kita remote, tidak ada di dalam file konfigurasi milik aplikasi SSH dan tidak bisa ditambahkan entah karena apa. Kemudian, untuk menanggulanginya, kita perlu sedikit "mencurangi" dengan menghapus file konfigurasi SSH tersebut agar nanti ketika file itu terhapus, maka SSH akan membuat kembali secara otomatis dengan isi file yang masih kosong. Nah, baru deh nanti kita bisa menambahkan lagi key yang dibutuhkan.

Langsung saja, ketikkan satu perintah berikut :

sudo rm .ssh/known_hosts

Setelah itu coba remote kembali komputer yang sebelumnya tidak bisa kalian remote, pasti sekarang sudah bisa. :D

Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive