Let's Share your experience!!!

Close (X)


Apakah Anda membutuhkan sistem aplikasi untuk data science, absensi, pertokoan, sistem mikrokontroler Arduino/ Raspberry Pi?
Kami menyediakan semua kebutuhan sistem penyimpanan data jurnal dan akuntansi untuk toko anda, Dapat dikembangkan untuk sistem koperasi, Apapun permasalahan pertokoan, kami solusinya.
Kami di sini semua
Silahkan daftar atau gunakan akses kami menggunakan username kasir dan pasword 123456

Tuesday, March 18, 2014

Cara Memperbolehkan/Mengaktifkan Directory Indexing Apache Webserver di Ubuntu 12.04 Server LTS

Akhir-akhir ini saya baru dapat kerjaan buat ngoprek webserver Apache lagi. Setelah konfigurasi sana-sini, ternyata ada sebuah masalah yang muncul. Yaitu ketika si webserver tidak mau menampilkan daftar isi direktori pada web browser dengan menampilkan pesan error permission denied. Anehnya, ketika di direktori tersebut saya beri satu buah file index.html, ternyata file tersebut dapat tampil dengan baik. Berarti dari sini ketahuan bahwa masalahnya bukan terdapat pada file permission ataupun ownershipnya, karena buktinya file index.html dapat terbaca dengan baik.

Setelah melakukan trial and error selama beberapa hari, akhirnya saya mendapatkan solusinya. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Anggap saja kalau direktori yang ingin saya perbolehkan ditampilkan isinya oleh apache berada di /home/sharing, maka edit dulu file /etc/apache2/apache2.conf :

# vim /etc/apache2/apache2.conf

Lalu tambahkan di baris paling bawah, script berikut :

<Directory /home/sharing>
Options Indexes FollowSymLinks
</Directory>


nb : sesuaikan letak /home/sharing dengan letak direktori milik kalian.

2. Setelah itu kalian juga perlu membuat sebuah file .htaccess didalam direktori /home/sharing. Perintahnya adalah sebagai berikut :

# vim /home/sharing

Tambahkan script berikut ini :

Options +Indexes

3. Terakhir restartlah service apache kalian :

# service apache2 restart

4. Dan, walaa! Direktori kalian pun kini sudah boleh diakses.


Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive