Wednesday, August 18, 2010

Manager Paket

Manager paket atau package manager dalam linux [ubuntu] berfungsi untuk, menambah, menghapus atau memperhaharui aplikasi pada sistem, termasuk pencarian komponen yang dibutuhkan oleh perangkat lunak.
Di ubuntu, kita kenal ada beberapa manajer paket yang biasa kita gunakan, yaitu :
  • Add/Remove Programs : untuk menginstall dan meng-uninstall program, biasanya ada di menu Applications ( untuk tiap versi namanya berbeda tapi memiliki arti yang sama)
  • Synaptic : Pengendali dari perangkat lunak dan kompopnen sistem, bisa kita temukan pada menu Systems, Administrations, Syanaptic Package Manager
  • Apt : untuk install / uninstall dengan menggunakan terminal
Screenshot-sources.list (-etc-apt) - gedit
Untuk menjalankan aplikasi tersebut, kita hanya bisa menggunakan 1 opsi yang ada, dan memerlukan hak administratif.
Ketika kita menggunakan mode teks Apt (Advance Packaging Tool) untuk melakukan install/uninstall, maka kita akan sering menggunakan command berikut :

sudo apt-get update untuk meng update daftar paket aplikasi
sudo apt-get upgrade untuk menginstall seluruh daftar paket/upgrade yang tersedia
sudo apt get install namapaket untuk menginstall paket [nama paket]
sudo apt-get remove namapaket untuk menghapus / uninstall namapaket
apt-get help untuk melihat daftar perintah dan opsi apt

Seperti biasa, kita akan diminta untuk mengisikan pasword [hak] administrator.
Semua pekerjaan tersebut bisa kita lakukan manakala komputer terhubung dengan jaringan internet. Nah.. gimana kalau komputer tidak terhubung dengan internet?
Salah satu cara install aplikasi yang mudah di ubuntu adalah dengan berkas paket dengan akhiran / ekstensi .deb. Makanya kalau kita mau download lebih baik memilih paket installer dengan ekstensi .deb ini jo.. :) Kenapa .deb ? karena ubuntu memiliki hubungan erat dengan Debian GNU/Linux dan untuk mengeksekusinya kita tetap memerlukan hak administratif.
Cara install nya :
  1. Unduh/download berkas dimaksud. Apabila berkas itu memerlukan file pendukung / dependency, maka seluruh file tersebut harus kita download dan simpan dalam 1 folder
  2. Untuk menginstall-nya double klik pada berkas utamanya, maka akan secara otomatis ubuntumelakukan installasi, tapi apabila kita melakukannya dengan teks command, perintah yang kita gunakan adalah :
  sudo dpkg –i nama_paket.deb
Untuk melakukan uninstall berkas .deb tersebut di terminal lakukan dengan perintah :
  sudo dpkg –r nama_paket (tanpa .deb)
Nah itu jo.. tapi ngomong-ngomong kalau berkas-nya bukan berekstensi .deb gimana? masih bisa ga kita install? ehm.. tentunya bisa dong, cuma cara penanganannya sedikit berbeda. Gini aja, misal kita memiliki berkas paket ber-ekstensi :
.rpm – kita bisa menginstallnya dengan mengkonversi .rpm ke .deb. Untuk itu kita harus menginstall terlebih dahulu alien dengan perintah
sudo apt-get install alien ikuti sampai selesai. Nah kalau sudah selesai, cara kita untuk mengkonversi berkas dengan paket .rpm tersebut adalah sebagai berikut :
sudo alien nama_paket.rpm selanjutnya berkas tersebut akan ber-ekstensi .deb. Tinggal kita install dengan double klik atau dengan sudo dpkg –i nama_paket.deb

Untuk file paket dengan jenis tarballs bisa kita lihat triks-nya di sini dan yang ini

Cukup dulu posting-nya ah.. :) hampir buka neh… cie…
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive