Sunday, February 6, 2011

Setup Mobile Broadband / Dialup Connection Di Ubuntu 10.10 Dengan Modem ZTE MF626

Setup Dialup Connection Di Ubuntu 10.10  Dengan Modem ZTE MF626

ZTE-MF626
Dengan menggunakan ubuntu, apabila kita akan melakukan setup untuk koneksi internet menggunakan modem usb ternyata sangat mudah. Bahkan 1 menit jadi, atau tidak sampai 2 menit-lah. Dulu pernah juga kita setup koneksi internet dengan usb modem  Huawei E156G dan indosat M2. Karena disini telah disediakan seting untuk beberapa operator di Indonesia. Meski begitu, apabila operator yang kita pilih ternyata tidak masuk dalam list disana, kita juga masih bisa melakukan konfigurasi secara manual.

Nah mari kita coba untuk membuat koneksi internet dengan mobile usb modem atau di sini dikenal dengan istilah mobile broadband.

1. Buka Network Connection. Pilih Mobile Broadband. Secara default apabila kita  belum pernah membuat satu koneksi mobile broadband, maka disana akan terlihat kosong. Klick Add


Network Connection


2. Setup Mobile Broadband Connection. Kebetulan disini modem yang saya gunakan sudah dapat terdeteksi oleh Ubuntu 10.10, sebagai ZTE CDMA Technologies MSM. Lupakan kata CDMA dan klick Forward.

Modem Langsung kedeteksi jo..
3. Choose your provider's Country. Pilih Indonesia. Karena ubuntu sebenarnya teleh menyiapkan konfigurasi untuk beberapa provider yang ada, jadi pilihlah sesuai dengan negara kita berada. Forward
Pilih Negara, saya pilih Indonesia

4. Choose your Provider. Seperti tadi sempat kita singgung, Ubuntu telah menyediakan konfigurasi untuk beberapa provider. Tinggal pilih dan ikuti step berikutnya, apabila ternyata provider yang kita gunakan ternyata telah tersaji. Untuk yang belum disajikan menu instannya :D tenang aja jo, kita masih bisa melakukan setup manual untuk menamai koneksi kita dulu. Sebab bagian konfigurasi sebenarnya nanti ada pada langkah selanjutnya.
Pilih provider

Pilihlan radio button I can't find my provider and I wish to enter it manually :

Ketik Nama Koneksi Kita

Pada Provider, kita ketikkan nama provider kita. Disini [sebagai contoh] saya menggunakan 3 untuk koneksi internet ini. 

Ketikkan saja 3data.

Oia sebelumnya kita daftarin saja dulu kartu 3 kita untuk berlangganan internet sesuai paket yang ada, misal paket 1 bulan. Biar tarifnya lebih hemat jo. Sudah hampir semua operator pernah saya pakai sebenarnya sih ;) Forward

5. Confirm Mobile Broadband Settings. Klick Apply

Konfirmasi Mobile Seting

6. Nah disini kita akan melakukan konfigurasi secara manual :
Edit Koneksi
Connection name : 3data conection 1, saya ganti dengan 3data [biar simple aja]
Number : *99# adalah nomer standar untuk koneksi GSM


Username 

Password

APN
: 3data

: 3data

: 3data

Yang lainnya biarkan default.

Supaya kita langsung terkoneksi secara otomatis, maka checklist-lah Connect automatically. Close jendela Network Connection.  
Isi password koneksi kita

Kalau muncul pertanyaan seperti diatas, A password is required to connect to '3data'. Isi saja dengan 3data

Wah, dapet bonus ga yah dari mobinil atau-pun 3? :D Ok jo.. happy surfing :D
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive