Let's Share your experience!!!

Close (X)


Apakah Anda membutuhkan sistem aplikasi untuk data science, absensi, pertokoan, sistem mikrokontroler Arduino/ Raspberry Pi?
Kami menyediakan semua kebutuhan sistem penyimpanan data jurnal dan akuntansi untuk toko anda, Dapat dikembangkan untuk sistem koperasi, Apapun permasalahan pertokoan, kami solusinya.
Kami di sini semua
Silahkan daftar atau gunakan akses kami menggunakan username kasir dan pasword 123456

Sunday, October 30, 2011

Instalasi dan konfigurasi CUPS di debian 6 squeeze part 1

Lanjut lagi tentang postingan debian, kali ini saya mau berbagi cara untuk ber sharing printer ria dengan CUPS :) Sharing printer di dunia linux itu sebenernya sanga mudah dan praktis banget, ga kayak OS punya tetangga yang harus donlod driver dulu atau apalah atau apalah. Lama dan ribet. >.< Nah di debian ada yang namanya CUPS. Intinya CUPS itu adalah aplikasi printer server yang digunain buat ngeshare printer ke dalam jaringan.

gausah banyak cincong, langsung aja berikut cara installnya :

1. Sebelum install CUPS, kita juga harus memiliki samba, karena ada file konfigurasi cups yang ada disitu.

# apt-get install samba cups

2. Lalu edit file /etc/samba/smb.conf

# nano /etc/samba/smb.conf

- tekan ctrl + w lalu ketik authentication. tidak jauh dari situ ada tulisan #security = user. ganti menjadi security = share.
- tekan ctrl + w lalu ketik cups. tidak jauh dari situ ada 2 tulisan ; printing = cups dan ; printcap name = cups hilangkan tanda titik koma yang ada di dua tulisan tersebut.
- tekan ctrl + w lalu ketik /var/spool/samba. tambahkan tepat dibawahnya use client driver = yes. kemudian ganti guest ok = no menjadi guest ok = yes

save dan tutup filenya.

3. Restart samba dan cupsnya.

# /etc/init.d/samba restart && /etc/init.d/cups restart

Sampai tahap ini jika ga ada pesan kesalahan maka instalasi CUPSnya telah berhasil. :) Nah untuk konfigurasinya akan saya posting besok karena sekarang udah kemaleman. hihihi
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive