Sunday, October 30, 2011

Instalasi dan konfigurasi CUPS di debian 6 squeeze part 1

Lanjut lagi tentang postingan debian, kali ini saya mau berbagi cara untuk ber sharing printer ria dengan CUPS :) Sharing printer di dunia linux itu sebenernya sanga mudah dan praktis banget, ga kayak OS punya tetangga yang harus donlod driver dulu atau apalah atau apalah. Lama dan ribet. >.< Nah di debian ada yang namanya CUPS. Intinya CUPS itu adalah aplikasi printer server yang digunain buat ngeshare printer ke dalam jaringan.

gausah banyak cincong, langsung aja berikut cara installnya :

1. Sebelum install CUPS, kita juga harus memiliki samba, karena ada file konfigurasi cups yang ada disitu.

# apt-get install samba cups

2. Lalu edit file /etc/samba/smb.conf

# nano /etc/samba/smb.conf

- tekan ctrl + w lalu ketik authentication. tidak jauh dari situ ada tulisan #security = user. ganti menjadi security = share.
- tekan ctrl + w lalu ketik cups. tidak jauh dari situ ada 2 tulisan ; printing = cups dan ; printcap name = cups hilangkan tanda titik koma yang ada di dua tulisan tersebut.
- tekan ctrl + w lalu ketik /var/spool/samba. tambahkan tepat dibawahnya use client driver = yes. kemudian ganti guest ok = no menjadi guest ok = yes

save dan tutup filenya.

3. Restart samba dan cupsnya.

# /etc/init.d/samba restart && /etc/init.d/cups restart

Sampai tahap ini jika ga ada pesan kesalahan maka instalasi CUPSnya telah berhasil. :) Nah untuk konfigurasinya akan saya posting besok karena sekarang udah kemaleman. hihihi
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive