Sunday, May 6, 2012

10 Hal yang perlu dilakukan setelah install Ubuntu 12.04 LTS


Jika kalian sudah mendownload, menginstall, dan mencoba Ubuntu 12.04 LTS, pastinya kalian sekarang bertanya-tanya "apa yang harus saya lakukan setelah ini?" Jika kalian punya pertanyaan seperti itu, lebih baik kalian ikuti terus postingan saya kali ini.

10 Hal yang perlu dilakukan setelah install Ubuntu 12.04 LTS

1. Pelajari apa yang baru

Ada begitu banyak fitur-fitur terbaru yang ada di Ubuntu 12.04 LTS, kalian bisa mempelajari beberapa di postingan saya sebelumnya Fitur-fitur terbaru Ubuntu 12.04 LTS atau dengan melihat video berikut ini.



2. Lakukan Update Manager

Seperti biasa, jangan melakukan apa-apa terlebih dahulu sebelum melakukan update manager.


3. Install Ubuntu-Restricted-Extras

Ubuntu Restricted Extras adalah paket aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan media film ataupun musik hingga flash dan font microsoft. Jadi jika kalian berniat untuk menyetel musik ataupun film di Ubuntu 12.04, sangat disarankan untuk menginstall paket ini.

KLIK DISINI UNTUK MENGINSTALL UBUNTU RESTRICTED EXTRAS

4. Atur Desktop kalian

Terdapat kurang lebih 14 wallpaper baru dan 5 tema standar yang patut dicoba di Ubuntu 12.04 ini, silahkan kalian atur dan lihat-lihat sendiri ya.


5. Atur Privacy


Coba klik menu Dash dan lihat apa yang muncul disitu. Seluruh file dan aplikasi yang pernah kalian buka akan terlihat semua bukan? Nah, jika kalian ingin menghilangkan fitur recent activity ini, kalian bisa mengaturnya di System Settings > Privacy


6. Aktifkan Ubuntu One

Ubuntu One menurut saya adalah salah satu fitur keren yang wajib di gunakan di Ubuntu. Kalau kalian belum tahu apa itu Ubuntu One, Ubuntu One adalah sistem penyimpanan data cloud seperti halnya Dropbox atau Google Drive. Ubuntu One menyediakan media penyimpanan 5GB gratis lho! Untuk mendaftar, kalian perlu menginstall Ubuntu One nya terlebih dahulu. Ketikkan perintah berikut ini :

sudo apt-get install ubuntuone-client ubuntuone-control-panel

Kemudian jalankan lewat menu Dash > Ubuntu One



7. Install aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat kalian tambahkan ke Ubuntu kalian untuk memenuhi kebutuhan kalian masing-masing. Coba main-main ke postingan saya yang berikut ini Hal yang perlu dilakukan setelah install ubuntu 11.04, mungkin bisa menjadi bahan referensi kalian.

8. Install Driver tambahan

Jika kalian mempunyai hardware-hardware yang masih belum terinstall dengan baik di Ubuntu 12.04, jangan kawatir, karena kalian dapat menginstall driver-driver proprietary lewat fitur additional driver.


9. Install Libre Office Global menu

Libre Office secara default belum support global menu dengan baik. Oleh karena itu kalian perlu untuk menginstallnya secara manual.


Untuk menginstallnya silahkan klik link ini

10. Selamat menikmati :D


Ini adalah poin terpenting. Yap, setelah semua sudah kalian lakukan, kalian wajib untuk menikmati Ubuntu 12.04. Browsing dengan Firefox, mendengarkan musik dengan Rhytmbox, nonton film dengan VLC, chatting dengan Empathy, hingga main game-game seru semacam super tux cart. Nikmati apapun kekurangan dan keindahan Ubuntu 12.04 !

Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive