Tuesday, May 1, 2012

Fitur-Fitur terbaru Ubuntu 12.04 LTS


Ubuntu 12.04 LTS akhirnya dirilis pada tanggal 26 April kemarin. Ini adalah Ubuntu versi Long Term Support yang kabarnya datang dengan banyak perbaikan-perbaikan signifikan yang jauh lebih baik dari Ubuntu versi-versi sebelumnya.
Versi terbaru, pastinya membawa fitur-fitur baru juga. Nah, sekarang saya akan membahas beberapa fitur terbaru dari Ubuntu 12.04 LTS yang wajib kalian ketahui.

1. Perbaikan dan Penambahan fitur pada Unity

Jika kalian sudah mencoba Ubuntu 12.04 pastinya merasakan adanya perbedaan dengan Unity kali ini. Jauh lebih enteng dan stabil. Warna background Unity juga akan menyesuaikan dengan warna wallpaper kalian.


Terdapat fitur baru yaitu Video Lens yang memungkinkan kalian untuk mencari video-video dari YouTube, Vimeo, Bing Video, Local Disk, dll langsung dari jendela Unity kalian. Keren kan?


2. Head-Up Display (HUD)

HUD merupakan salah satu fitur menarik yang baru di Ubuntu 12.04. Yaitu fungsinya untuk mencari fungsi pada suatu aplikasi hanya dengan menekan tombol Alt. Contoh misalnya saya ingin mencari fungsi bookmark pada Mozilla Firefox, saya tinggal menekan tombol Alt lalu mengisi search box dengan kata bookmark.


3. Kontrol Privacy terbaru

Ubuntu 12.04 mempunyai fitur terbaru bernama Zeitgeist Engine yang berfungsi untuk dapat merekam semua aktifitas kita selama menggunakan komputer. Hal ini sebenarnya merupakan pedang bermata dua, karena walaupun fungsinya bagus tapi dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh para hacker untuk memata-matai kita. Nah, untuk itulah dibuat fitur sejenis privacy manager agar hal tersebut tidak terjadi. Dengan fitur baru ini pengguna dibebaskan untuk mengontrol semua log activity dari semua aplikasi sehingga membuat kita merasa aman untuk menggunakan ubuntu 12.04 LTS.


4. Perubahan pada beberapa aplikasi bawaan

Banshee digantikan kembali oleh Rhytmbox untuk urusan pemutar musik, Tomboy Note dihapus, dan aplikasi Office tetap menggunakan Libre Office tapi dengan versi terbarunya versi 3.5.2. Dan yang terakhir aplikasi untuk remote desktop digantikan oleh Remmina. Selain itu aplikasi-aplikasi yang digunakan overall hampir sama semua dengan Ubuntu 11.10.

Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive