Monday, November 19, 2012

Cara Mendisable SELinux di Fedora 17


Lanjut lagi postingan mengenai Fedora 17, kali ini saya akan membahas mengenai SELinux. Apa itu SELinux? SELinux adalah Varian Linux yang mengimplementasikan berbagai kebijakan keamanan melalui penggunaan Linux Security Modules (LSM) di dalam kernel Linux. Jadi semacam metode pengamanan gitu lah, hampir hampir mirip kayak Firewall. Namun SELinux berbeda dengan Firewall, begitupun sebaliknya.
Untuk ukuran pengamanan server SELinux merupakan pilihan yang sangat cocok untuk mengamankan server-server kalian karena keampuhan dan kekompleksannya. Namun untuk ukuran sebuah komputer desktop, SELinux menurut saya agak kurang cocok untuk diterapkan, karena sangat ribet dan terlalu rewel. Untuk mengakses segala sesuatu menjadi sulit karena dibatasi oleh SELinux ini.

Nah oleh karena itu pada postingan kali ini saya ingin membagikan cara untuk mendisable SELinux di Fedora 17. Bagaimana ya caranya? Yuk simak terus postingan yang ini.

1. Edit file /etc/selinux/config

$ sudo nano /etc/selinux/config

Setelah terbuka, carilah bagian SELINUX=enforcing didalamnya. Kalo udah ketemu, ganti bagian enforcing tersebut menjadi disabled seperti yang terlihat pada gambar dibawah :


Jika sudah simpan dan tutup file tersebut.

Apabila tidak ada kesalahan ketika mengedit, maka seharusnya sekarang SELinux Fedora 17 kailan sudah tidak aktif kembali.

Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive