Monday, November 5, 2012

Install FTP Server Proftpd di Fedora 17


Setelah kemarin saya sudah memposting tentang cara instalasi LAMP Webserver dan SSH Server dengan Fedora 17, pada kesempatan kali ini saya ingin memposting tentang cara instalasi aplikasi server yang lainnya di Fedora 17. Yaitu cara Install FTP Server dengan menggunakan Proftpd di Fedora 17.

Bagi yang belum mengetahui apa itu FTP Server, FTP Server adalah sebuah aplikasi server yang bergerak di bidang download dan upload file di jaringan. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu FTP Server, mungkin kalian bisa searching-searching dulu di internet, karena sudah banyak kok yang membahas ini disana. Baiklah, langsung saja cekidot!

1. Install FTP Proftpd Server-nya :

# yum -y install proftpd

2. Edit file /etc/proftpd.conf

# nano /etc/proftpd.conf

Disini edit beberapa baris konfigurasi seperlu kalian saja. Seperti baris ServerName, ServerAdmin, dan ServerIdent. Selain itu biarkan saja apa adanya.


3. Tambahkan user yang dilarang mengakses FTP :

Proftpd memiliki fitur untuk membatasi siapa-siapa saja yang diperbolehkan untuk mengakses FTP Server. Semua user yang TIDAK diperbolehkan tersebut dideskripsikan pada file /etc/ftpusers.

# nano /etc/ftpusers


4. Jalankan service dan mengaktifkan autostart saat komputer booting

# systemctl start proftpd.service
# systemctl enable proftpd.service


5. Testing

Buka browser dan arahkan browser kalian ke alamat ftp://localhost. Nanti akan muncul permintaan login, isikan dengan username dan password kalian masing-masing.



Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive