Saturday, April 18, 2020

Instalasi On-Screen Keyboard pada Raspberry Pi

Keyboard di layar bisa sangat berguna untuk Raspberry Pi Anda dalam berbagai kasus berbeda. Namun tidak semuanya memiliki, apalagi jika menggunakan keyboard kable tipe lama PS/2 port, pasti dijamin tidak dapat digunakan untuk Raspberry Pi.

Kemudian jika Anda menggunakan Raspberry Pi dengan tampilan layar sentuh, menggunakan keyboard di layar adalah salah satu cara terbaik untuk menambahkan input keyboard. Oleh karena itu, sangat penting untuk menambahkan fitur seperti ini.

Selain itu, jika Anda menjalankan Pi yang tidak memiliki keyboard yang terhubung dan hanya mouse seperti proses instalasi pada topik sebelumnya, maka menggunakan keyboard di layar akan memungkinkan Anda untuk mengetik.


Untuk menambahkan fitur ini, silahkan menggunakan paket matchbox-keyboard sebagai aplikasi keyboard virtual yang paling stabil untuk Raspberry Pi dan tidak mengambil banyak sumber daya dari Raspberry Pi.

Caranya cukup mudah, setelah login raspi silahkan masuk ke Terminal dan berikan command atau perintah berikut,

sudo apt update
sudo apt upgrade
Jika belum pernah update, pastinya akan mengambil waktu yang sangat lama. Selanjutnya install paket matchbox-keyboard dengan command atau perintah berikut, 
sudo apt install matchbox-keyboard
Sehingga muncul menu bar keyboard pada Accessories berikut,
Semoga bermanfaat.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive