Saturday, April 18, 2020

Raspberry Pi



Raspberry Pi sering disebut Raspi merupakan PC desktop berbentuk mini seperti smartphone dengan penggunaan biaya listrik yang lebih murah memiliki konsumsi daya yang rendah yaitu sekitar 3.5 Watt. Konsumsi daya tersebut tentu lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi daya pada PC desktop yang membutuhkan sumber daya lebih dari 200 Watt. Raspberry Pi memiliki sistem Broadcom BCM2835 chip (Soc), yang mencakup ARM1176JZF-S 700 Mhz processor (firmware termasuk sejumlah mode ”Turbo” sehingga pengguna dapat mencoba overclocking, hingga 1 GHz), VideoCore IV GPU, dan awalnya dikirim dengan 256 megabyte RAM, kemudian upgrade ke 512MB.
Raspberry Pi (juga dikenal sebagai RasPi) adalah sebuah SBC (Single Board Computer) komputer seukuran kartu kredit yang dikembangkan oleh Yayasan Raspberry Pi di Inggris (UK) dengan maksud untuk memicu pengajaran ilmu komputer dasar di sekolah-sekolah.

Beberapa produk terbaru bisa dilihat pada halaman ini https://www.raspberrypi.org/products/. Setidaknya Raspi memiliki bagian antara lain:
Power
Untuk Catu Daya, Raspberry Pi menggunakan konektor Micro USB yang biasa digunakan pada Charger Smartphone Android. Catu daya ini bekerja pada tegangan 5V dengan arus minimal 2A agar Raspberry Pi bekerja secara maksimal.
CPU dan GPU
Prosesor yang digunakan pada Raspberry PI adalah ARM1176JZF-S dengan kecepatan Clock sebesar 700 Mhz dan GPU atau Graphic Processing Unit yang dipakai adalah Videocore IV.
Memory (RAM)
Raspberry Pi model B ini menggunakan RAM sebesar 512 MB. RAM ini diletakkan menyatu dengan Prosesor.
SD Card
Bagian ini berfungsi untuk tempat memasukkan SD-Card yang sudah diisi dengan salah satu OS Raspberry Pi. OS tersebut adalah Raspbian, Fedora, Arch Linux, Raspbmc, Open ELEC, dan lain-lain.
Led Indicator
Terdapat 5 Led yang masing-masing berfungsi sebagai Indikator catu daya, proses kerja CPU, dan proses kerja jaringan.
Konektor Audio
Berfungsi sebagai konektor untuk Speaker atau Headset.
Port LAN
Untuk menghubungkan Raspberry Pi ke Jaringan melalui konektor RJ 45 dan kabel UTP.
GPIO (General Purpose Input Output)
Bagian ini merupakan salah satu keunggulan Raspberry Pi dengan Komputer mini sebelumnya, karena pengguna bisa memprogram pin-pin GPIO ini sesuai dengan kebutuhan mereka.
Port HDMI
Port ini berfungsi untuk menampilkan OS Raspberry pada monitor atau TV yang mempunyai port HDMI.
Port RCA
Sama seperti port HDMI, port ini berfungsi untuk menampilkan OS Raspberry Pi, namun menggunakan Port Video untuk TV model lama.
Port USB
Selayaknya penggunaan pada komputer, port ini berfungsi untuk menyambungkan berbagai macam perangkat USB seperti Flashdisk, USB Dongle, USB Webcam, Card Reader, dan lain-lain.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive