Tuesday, December 8, 2009

Browsing Text Mode ala elinks

Hari ini ada hal yang unik saya dapatkan dari buntu. Dan ini belum pernah saya lakukan sebelumnya. Bukan hal besar sih, tapi ada satu kesan yang ga biasa saya dapatkan. Browsing, ya browsing internet yang biasa menggunakan Firefox, Opera, maupun konqueror, barusan saya coba untuk browsing internet ala jadul, jadul banget kali.


Ko jadul Jo... iya sebab cuma browsing dengan modus teks. Emang sih ngga seindah dan senyaman GUI. Tapi ga salah kan, kita coba yang dulu pernah dilakukan "nenek moyang kita" ;). Untuk bisa browsing dalam mode teks di Ubuntu kita sebelumnya menginstalkan program yang kita butuhkan. Disini kita pakai elinks, ya elinks.


Cara installnya seperti biasa dengan menggunakan koneksi internet cukup kita ketikkan di shell 
#sudo apt-get install elinks dan biarkan sistem bekerja sendiri, mengonfigurasi perkakasnya sendiri sampai benar-benar selesai.


Nah setelah selesai semuanya, kita bisa segera menggunakan elinks untuk browsing. Tapi jangan kaget ya, dengan kesederhanaan tampilannya. Untuk kinerjanya saiah sendiri belum mengujinya, tapi kesan yang bisa ditangkap adalah kecepatannya Jo.. sepertinya lebih cepat deh.. 

Caranya? Ketikkan aja #elinks di shell. Oia untuk mengetahui menunya, bisa kita peroleh dengan cara menekan tombol Esc, maka akan muncul menu elinks di bagian atas, ala browser-browser yang iasa kita gunakan dalam mode GUI .



Penasaran? Coba aja ndiri.. eit jangan lupa install dulu elinks nya di ubuntu kita. Eling jo.. install elinks nya dulu... hehe... Ini neh shootnya...




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive