Wednesday, December 9, 2009

Install Chromium Browser Di Ubuntu

Chromium adalah salah satu proyek browser open-source yang bertujuan
untuk menciptakan satu pengalaman web yang lebih aman, lebih cepat dan
stabil bagi semua pengguna internet. Basis kode dari chromium sendiri adalah
google chrome.


Untuk menginstallnya di ubuntu, langkah pertamanya adalah dengan
mengedit file /etc/apt/sources.list menggunakan editor favorit kita.
Misal kita ingin mengeditnya dengan gedit, maka di shell kita tuliskan
perintah berikut :


sudo gedit /etc/apt/sources.list


Jo...
kalau kita diminta password isikanlah password yang diminta itu seperti
biasa ( anggaplah kita sedang di interogasi oleh polantas, apakah kita
memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap sesuai dengan aturan yang
berlaku. Dan ini tidak bisa dimanipulasi atau disuap dengan memasukkan
sembarang kode, hehe.. just kidding Jo..). Kemudian masukkan beberapa
baris berikut ini kedalamnya di bagian bawah :

Untuk Ubuntu 9.10 dengan alias Karmic Koala ( karmic )
masukkan dua baris berikut



deb-src http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu karmic main





Untuk Ubuntu 9.04 ( Jaunty ) :



deb-src http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu jaunty main




Untuk Ubuntu 8.10 ( Intrepid ) :



deb-src http://ppa.launchpad.net/chromium-daily/ppa/ubuntu intrepid main



Setelah beres memasukkan dua baris kode sesuai dengan Ubuntu yang kita gunakan, maka selanjutnya adalah menyimpan file /etc/apt/sources.list tersebut.
Oia.. biar enak, gunakanlah jurus copas, lebih cepat dan mantab!!!

Nah Jo... setelah menyimpan file tersebut dan keluar dari editor
favorit kita, maka langkah selanjutnya yaitu memasukkan kode GPG key
dengan perintah :



sudo apt-key adv --recv-keys --keyserver
keyserver.ubuntu.com  0xfbef0d696de1c72ba5a835fe5a9bf3bb4e5e17b5



Dan Apdet source list kita dengan perintah standar lalu tunggu sampai prosesi updet nya kelar


sudo apt-get update



Finally, install chromium dengan perintah berikut :


sudo apt-get install chromium-browser






Nah, kan beres tuh install nya, sekarang giliran menjalankan chromium nya gimana? Oia ya... gini Jo...

Pilih Applications, Internet, Chromium Web Browser , dus... saat pertama kali kita jalankan maka akan muncul tampilan / konfirmasi yang menanyakan apakah akan menjadikan chromium sebagai web browser default?



Nah yang ini, isi sesuai selera kita, tinggal ngasih tanda centang alias check list aja dan akan mengimport setingan dari browser sebelumnya. Aapabila firefox / mungkin web browser default lainnya sedang runing, kita akan diminta untuk menutupnya terlebih dahulu.



Ya ikutin aja apa maunya.




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive