Friday, December 11, 2009

Dual OS Win & Ubuntu :: Catatan Ringan

Sebetulnya ini udah bukan barang baru, tp cos ada yg nanyain gimana caranya bikin dual os dalam 1 komputer jadi g salah kalau saiah tjoba untuk sedikit mengingat kembali, step bae by step nya ;).


Salah satu alasan kita membuat sistem yang dual os adalah karena masih adanya ketergantungan pada salah satu os, sedangkan untuk sekedar mencoba linux dengan live cd dirasa kurang ngehh.. Jadi satu jalan diambil yakni dengan dual os ini. Meski sebenarnya bisa saja kita menginstall program virtualisasi  didalam win ataupun linux kita dengan bermacam program virtualisasi seperti vmware maupun virtualbox.
Teknisnya gini Jo.. 
  1. Win nya sebaiknya sudah terinstall, sebab kalau kita menginstall ubuntu duluan, maka grub ( boot loader untuk linux )  akan dihapus / ditimpa dengan mbr ( master boor record ) nya windows.
  2. Cek dulu CPU kita, apakah memungkinkan untuk nancepin os ( disini dia minta ubuntu ) baru. Artinya kita liat spek mouse, speaker, keyboard processor, ram dan juga kapasitas hardisknya. Kalau memang space yang tersisa masih besar, maka langsung saja ke no.3
  3. Untuk memudahkan kita dalam menginstall ubuntu sebagai os kedua, bikinlah satu partisi baru di hardisk kita. Gunakanlah program partisi yang mudah kita pahami. Biar ga bingung nanti dalam memilih drive tempat nancepin ubuntu, sebaiknya tuh partisi baru kita, pakai file sistem yang beda dengan yang kita pakai. Misal kalau kita pakai NTFS, maka (misalnya) bikinlah file sistem yang baru dengan FAT ataupun yang lainnya.
  4. Persiapkan CD installer ubuntu, rubahlah setingan di bios komputer untuk bisa boot up dari cdrom. Kalau udah bisa restartlah dan ikuti petunjuknya. Pilih install dan ikuti step berikutnya
  5. Setelah sampai pada bagian tentang partisi, disana kita pilih manual partision dan pilihlah partisi baru ( dengan file sistem yang berbeda tadi ). Bikinlah partisi dengan titik kait "/ " untuk root nya, sebaiknya jangan terlalu besar sizenya ( misal 10 Gb ). Lalu dari sisa space yang ada kita bikin titik kait lainnya untuk home, kecuali kita ingin mengatur besar volume lainnya dan sisakan untuk swap minimal 2 x memori kita. Untuk file sistemnya gunakan ext3 ataupun ext4. Kemudian pilihlah yes pada saat ditanya akan menulis perubahan yang kita lakukan.
  6. Ikuti step selanjutnya seperti nama user dan password, seting network dll. Intinya saat semuanya beres, maka ubuntu akan menjalankan prosesi instalasi, dan akhirnya kita akan ditanya apakan akan menginstall boot loader, pilih yes, tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai yang ditandai dengan keluarnya CD installer, tekan enter dan komputer akan restart sendiri.
  7. Setelah restart, maka seharusnya kita sudah memiliki komputer dengan dual os, well selamat..
Sori Jo.. ga ada visualisasinya, cos ini sekedar catatan ringan ( dari ingatan lagi ) yang tidak dipersiapkan dengan baik.  Tapi kurang lebih begitulah prosesnya untuk kita membangun dual os win & ubuntu  pada komputer kita... ;)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive