Saturday, October 27, 2012

Install LAMP Webserver di Fedora 17


LAMP (Linux, Apache, Mysql, PHP, Perl, Phyton) adalah aplikasi-aplikasi Open Source yang digunakan untuk membangun sebuah webserver di Linux. Dimana Apache sebagai webserver, Mysql sebagai database server, dan PHP, Perl, maupun Python sebagai basis bahasa pemrogramannya. Ini adalah aplikasi Web Server favorit saya yang sering saya pelajari :D

Nah pada postingan kali ini, saya akan menuliskan cara-cara install LAMP Webserver di Fedora 17. Check this out!

1. Install Mysql

Pertama-tama install terlebih dahulu Mysqlnya dengan perintah berikut :

# yum install mysql mysql-server

Kemudian aktifkan dan jalankan service dari Mysqlnya :

# systemctl enable mysqld.service
# systemctl start mysqld.service


Setelah itu tambahkan password mysql dengan perintah ini karena user root pada mysql di Fedora 17 belum ada passwordnya secara default :

mysqladmin -u root password passwordmysqlkalian

2. Install Apache

Apache di Fedora 17 namanya bukanlah apache2 seperti yang ada di distro-distro turunan Debian. Melainkan bernama httpd. Untuk menginstallnya silahkan eksekusi perintah berikut :

# yum install httpd php php-common

Kemudian aktifkan dan jalankan service dari apachenya :

# service httpd start
# chkconfig httpd on



3. Install PHP

Untuk membuat webserver kalian support bahasa pemrograman PHP, kalian harus menginstallkan modul PHP pada apache. Caranya adalah sebagai berikut :

# yum install php-pecl-apc php-cli php-pear php-pdo php-mysql php-pgsql php-pecl-mongo php-sqlite php-pecl-memcache php-pecl-memcached php-gd php-mbstring php-mcrypt php-xml

Setelah terinstall, sekarang coba buatlah sebuah file .php untuk mengetes apakah apache sudah terintegrasi dengan PHP atau belum. Ketikkan perintah berikut :

# nano /var/www/html/phpinfo.php

Isikan didalamnya dengan kode berikut :

<?php
phpinfo();
?>


Simpan file tersebut, kemudian arahkan ke alamat http://localhost/phpinfo.php dari browser kalian. Jika muncul gambar seperti dibawah ini maka kalian telah berhasil menginstall PHP di webserver kalian.


4. Install PHPMyadmin

PHPMyadmin adalah aplikasi untuk memanajemen mysql database berbasis web. Jadi kalian tidak usah memanajemen mysql secara manual dengan console, melainkan cukup menggunakan PHPMyadmin yang basisnya adalah GUI. Untuk menginstallnya di Fedora 17, ikuti perintah berikut :

# yum install phpmyadmin

Setelah proses instalasi selesai, restart service apache httpdnya :

# systemctl restart httpd.service

Sekarang arahkan ke alamat http://localhost/phpmyadmin untuk melihat apakah phpmyadmin telah berhasil terinstall atau belum. Jika kalian melakukannya dengan benar, maka seharusnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive