Thursday, December 27, 2012

Distro-Distro Linux Buatan Anak Bangsa


Satu yang saya paling suka dari Sistem Operasi GNU/Linux adalah basisnya yang Open Source sehingga kita dapat sesuka kita mengedit, memodifikasi ulang, dan membuatnya ulang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Linux yang telah dimodifikasi ulang inilah yang seringkali disebut sebagai distro. Dan ternyata dari sekian banyak distro Linux yang ada di dunia, Indonesia juga memiliki banyak distro-distro Linux yang keren lho. Mau tau? Berikut adalah diantaranya :

1. Manux


Salah satu distro Linux yang masih tersembunyi ini dibuat oleh Danyang Bios yang berasal dari Blora, Jawa Tengah. Dengan moto "The good Linux of Java", target pengguna Manux adalah newbie yang tidak ingin repot tetapi ingin belajar Linux. Letak keunggulannya adalah tampilannya yang disesuaikan agar user cepat beradaptasi serta tersedia aplikasi yang banyak. Tertarik mencoba? Silahkan klik disini untuk mendownloadnya.

2. Linux BiasaWae


Distro Linux ini dikembangkan oleh Agus Muhajir sejak tahun 2005. Developer distro ini menekankan untuk memproduksi software sendiri, jadi bukan hanya kofingurasi biasa ataupun penggunaan software luar negeri.
Distro ini dibuat berbasis Ubuntu dengan DE XFCE yang dilengkapi oleh depedencies GNOME dan KDE. Klik disini jika kalian berminat untuk mengunduhnya.

3. Ayu OS


Distro linux ini dibuat berbasis distro PCLinuxOS yang menggunakan DE GNOME dan KDE.
Juga tersedia beragam aplikasi siap pakai sehingga user tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkannya.
Tapi, sayangnya distro ini seperti distro yang sudah mati karena sudah tidak dikembangkan lagi.

4. Project 2 LTS Metro


Distro Linux ini dibuat oleh Raka Wijaya yang berasal dari Lampung. Metro ini dibuat berbasiskan distro Zorin OS. Ada 3 fitur unggulan dari Distro ini yaitu Desktop yang mudah, stabil, dan memberikan ruang lebih bagi mata kalian karena hanya disediakan satu panel. Klik disini jika kalian berminat mencoba distro ini.

5. Tiny Ubuntu

TinyUbuntu ini berbasis Ubuntu Mini Remix dimana hanya disediakan unuk keperluan pengembalian GRUB saja. Walaupun hanya menggunakan CLI, aplikasi yang disediakan ternya cukup menarik yaitu mpg123 (pemutarmp3), lynx (browser), sakis3g (modem), dll. Tiny Ubuntu sudah pernah saya posting sebelumnya disini.

6. FU2


Distro ini berbasiskan distro Ubuntu 12.04 LTS yang dibuat oleh Faqih Jakha Juantomo. Ia membuat distro ini karena terinspirasi dari kata "terpusat" yang dimana ia harus melakukan survei terlebih dulu sebelum membuatnya. Untuk info-nya silakan klik disini

7. Sundara OS


Distro ini dibuat oleh Rizal Muttaqin berbasiskan distro Ubuntu dengan mengambil beberapa komponen dari Distro Linux lainya. Dengan motto "Linux untuk Anda" distro linux ini memiliki tampilan yang ramah, stabil, super cepat, dan serbaguna serta memiliki dukungan driver yang banyak dan ditambah pula kesediaan aplikasi yang banyak yang menjadikannya LINUX OUT OF THE BOX. Silahkan merujuk ke link ini jika kalian ingin mencoba distro yang satu ini.

8. Kimux


Distro Linux ini dibuat oleh Anas Kasmui yang lagi-lagi berbasis distro Ubuntu. Kimux menyediakan beragam aplikasi pembelajaran mata pelajaran khususnya KIMIA, mungkin ini dimaksudkan supaya proses belajar-mengajar antar guru dan murid semakin mudah. Klik disini jika kalian ingin belajar Kimia dengan Kimux :D

Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive