Friday, December 7, 2012

Memperbaiki Performa Browser Firefox

Firefox - about:config
Belakangan ini seringkali mengalami browser internet Firefox yang nge-lag ketika membuka halaman website. Tentunya hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan :(

Sempat saya coba surving dengan Chrome, ternyata berjalan mulus adanya. Huh.. padahal saya lebih sering menggunakan firefox daripada browser lainnya.

Akhirnya, kembali lagi mengubah konfigurasi browser firefox. Terakhir ngerubah setingan/konfigurasinya kapan ya? Udah lama banget :) Tapi gak ada pilihan lain, demi terciptanya situasi yang kondusif dalam menjelajah halaman website.

Bagaimanapun juga, ketika kita mengubah konfig firefox, semua resiko ada ditangan kita. Hal itu juga telah diingatkan oleh browser ketika kita akan melakukan perubahan konfigurasi tersebut.

Ok, untuk melakukan perubahan konfigurasi di firefox dalam rangka menaikkan performa/menghilangkan lag yang terjadi, kita bisa mengikuti langkah berikut :

  1. Di address bar  ketikkan : about:config
  2. Kita akan diingatkan oleh browser untuk hati-hati "This might void your warranty!". Click the "I'll be careful, I promise!".
  3. Pada Search field ketikkan : browser.cache
  4. Kemudian, carilah string browser.cache.memory.enable, disana defaultnya diset pada true.
  5. Click Kanan Value tersebut, pilih  Toggle dan set ke false.
  6. Tutup firefox dan jalankan kembali.

Semoga dengan langkah tersebut, firefox kita bisa gesit lagi, kalaupun masih ada tersisa lag.. semoga itu tidak sesering sebelumnya.

Oia saya gunakan firefox for linux versi 17.0.1 :)

No comments:

Post a Comment