Wednesday, November 13, 2013

Mengatasi Overheat dan Memperpanjang Nyala Baterai di Ubuntu 13.10


Selama hampir 2 tahun saya memakai Ubuntu, saya selalu mengalami masalah overheating yang cukup memusingkan di laptop saya. Sejak versi Ubuntu 11.04 sampai Ubuntu 13.04, suhu rata-rata laptop saya adalah 75 derajat dalam keadaan idle dan 85 derajat dalam keadaan aktif. Bahkan kalau saya main game atau menjalankan guest OS di Virtualbox, tidak jarang laptop saya tiba-tiba mati sendiri karena saking panasnya (menembus angka 90 derajat). Saya sudah memakai kipas fan tambahan dan juga sudah mencoba berbagai macam aplikasi dan tweak yang katanya bisa mengatasi masalah overheat ini, salah satunya adalah jupiter. Tapi hasilnya tetap nihil. Padahal dulu sewaktu saya masih memakai Ubuntu versi 10.10, laptop saya normal-normal saja dengan suhu rata-rata 45 derajat. Dengan kenyataan seperti itu tentunya letak kesalahannya bukanlah pada faktor hardware laptop saya, melainkan dari ketidakcocokan (entah kernel atau driver atau apapun) pada versi Ubuntu 11.04 keatas terhadap laptop saya.

Ketika Ubuntu 13.10 dirilis, saya pun kembali berharap agar laptop saya bisa dingin lagi seperti dulu. Tapi ternyata sama saja. Laptop saya tetap panas seperti biasa. Duh, kalau terus-terusan seperti ini kasihan laptop sayanya, bisa-bisa umurnya ga bakal lama lagi -_-

Saya pun coba googling kembali, hingga akhirnya saya menemukan artikel ini. Disalah satu bagian pada artikel tersebut dikatakan saya perlu menginstall aplikasi bernama TLP dimana aplikasi ini dapat berfungsi mengatasi overheat dan juga memperpanjang daya baterai. Jujur saya agak pesimis awalnya, karena cara ini terlihat sangat simpel dan mudah sekali. Cukup install dan tidak perlu mengkonfigurasi apa-apa. Sekilas tampak mirip seperti jupiter kan? Tinggal install dan run, tapi efeknya tidak ada. Maka saya berasumsi kemungkinan besar efek aplikasi ini pun sama dengan jupiter. Perasaan pesimis ini muncul bukannya mengada-ada, soalnya sebelumnya saya sudah pernah melakukan tweak-tweak yang jauh lebih ribet daripada trik ini. Akan tetapi hasilnya tidak ada. Yang susah saja gagal, apalagi yang mudah kan?

Akan tetapi semua perkiraan saya tersebut salah. Setelah saya coba install aplikasi ini, ternyata efeknya langsung terasa! 65 derajat dalam keadaan idle dan 75 derajat dalam keadaan aktif. Waaaah happening banget nih! Lumayan bisa turun 10 derajat kan. Alangkah senangnya hati saya :D. Setelah sekian lama gitu lho! Akhirnya penderitaan ini berakhir juga. 

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba juga trik ini, silahkan langsung eksekusi perintah berikut satu persatu di terminal :

$ sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install tlp tlp-rdw
$ sudo tlp start


Setelah terinstall, restartlah komputer kalian. Tidak perlu melakukan konfigurasi apa-apa kok. Tinggal nikmati saja hasilnya. :D

Trik ini sudah saya coba sendiri pada mesin dengan spesifikasi sebagai berikut :

Laptop : HP G42-360TX
OS : Ubuntu 13.10
VGA : Ati Radeon HD5470


Tidak tertutup kemungkinan untuk dapat dilakukan di komputer dan versi OS dengan spesifikasi yang berbeda.

Semoga bermanfaat :)

SUMBER

No comments:

Post a Comment