Tuesday, January 12, 2010

Bikin Swapfile Di Ubuntu

Menjalankan komputer dengan RAM yang mentok bisa bikin kita kurang nyaman, apalagi ketika bekerja dengan berbagai aplikasi yang membutuhkan jumlah RAM besar. Agh.. Kalau kita menggunakan linux tentu tidak asing dengan swap. Sebab ketika kita menginstallnya ke dalam komputer, disana kita sudah diminta untuk membuat partisi khusus untuk swap.

Apa artinya kita tidak dapat menambahkan swap lagi dalam sistem kita? Oh no.. disini saya pakai ubuntu 9.10. Kita masih bisa menambah swap dalam bentuk file swap. Untuk membuat file swap itu caranya adalah :
  1. Masuk ke terminal
  2. Gunakan hak administrator (su) #sudo su dan isikan password yang diminta
  3. Misal kita bikin swapfile 1Gb #dd if=/dev/zero of=/swapfile1 bs=1024 count=1048576 (1048576 adalah perkalian dari 1024 x 1024 ). Perintah itu akan menghasilkan swapfile1 yang di cimpan di direktori root
  4. Untuk menjadikan file swapfile1 menjadi file swap ketikkan perintah #mkswap /swapfile1
  5. Aktifkan file tersebut menjadi fileswap dengan #swapon /swapfile1
Selesai, tapi hal itu hanya berlaku untuk sesi yang kita jalankan, ketika komputer kita restart maka tidak berlaku lagi. Untuk menjadikannya permanen, kita bisa mengedit file /etc/fstab dengan editor favorit kita. Misal gedit. #sudo gedit /etc/fstab dan tambahkan parameter berikut /swapfile1 swap swap defaults 0 0

Untuk mengeceknya, sebaiknya sebelum membuat fileswap, terlebih dulu kita cek besarnya swap dengan System Monitor ( System, Administration, System Monitor ). Kemudian cek kembali saat kita telah mengaktifkan swapfile tadi.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive