Monday, January 25, 2010

Linux ala Mac dengan Mac4lin


Pernah ngliat tampilan desktop Apple Mac? Semua orang dijamin kesengsem. Falling in love with the style. Memang tuh desktopnya cakep banget. Makanya banyak yang ngimpi ingin memilikinya ;) hehe.. bener ga jo? Sebenarnya saya pernah mencoba merubah style ubuntu ala mac.. dulu. Udah lupa kapan sih.

Jadi kepikiran juga untuk nulis disini caranya dan metode apa yang saya pakai untuk memake up desktop ubuntu Gnome menjadi Mac style seperti tampilan desktop ini..




Cukup mudah untuk menyulap desktop kita menjadi seperti diatas. Kita bisa menggunakan Mac4lin bisa di download dari sini. Downloadlah file 34,6 Mb tersebut. Udah beres downloadnya?

Instalasi Mac4lin

  • Masuklah ke terminal
  • Meluncur ke lokasi kita menyimpan file hasil download tadi. Unziplah Mac4Lin_Install_v1.0.zip maka akan keluar dua folder yaitu Mac4Lin_Install_v1.0 dan __MACOSX. Perintahnya #unzip Mac4Lin_Install_v1.0.zip ( biar ga capai ngetiknya setelah nulis huruf awal "M" pada terminal pencetlah tab, amati sebentar, kalau udah cocok tekan aja enter )
  • Masuklah ke folder Mac4Lin_Install_v1.0 , dalam foler itu ketikkan perintah berikut #sudo sh Mac4Lin_Install_v1.0.sh , ikuti prosesnya, lakukan apa yang diminta, apabila diminta untuk mengisi pasword admin ketiklah dengan benar ;) hehe... standar banget ya Jo...
  • Setelah semua proses instalasinya selesai, sebenarnya kita udah bisa melihat perubahan dari desktop kita, tapi untuk lebih maksimal, kita diminta untuk log off dan kemudian login lagi. Kalau perlu restart komputer kali ya? ;) Sebaiknya jangan lupa juga baca referensi yang disertakan mac4lin ini biar lebih jelas.
Kalau sudah, kita bisa mengatur ke prefence untuk memilih theme yang diinginkan serta sedikit customise, ga maksa sih, tapi kalau memang kita mau, termasuk pemilihan icon dan background.





Biar semuanya mac look maka pilihlah theme dan  icon yang mac4lin. Wallpaper pilih juga yg mac look kalau perlu download. Biar perfect kita bisa menambahkan dock dan juga screenlet.

Semua udah ada kok di ubuntu, tinggal install jo..

Oia, mo nambahin dikit, tadi ada yang nanya cara install theme unbuntu gimana ?
Jawab : 
 
Mudahnya gini jo.. download theme yang kita suka dari mana aja deh, setelah selesai buka nautilus ( explorer ) buka pula System, Prefence, Appearance. Nah pada tab theme dalam keadaan aktif, drag & drop aja theme yang tadi kita download, maka ubuntu akan dengan senang hati menerapkan perubahan theme-nya dan lihat hasilnya... ;) ga bikin pusing kan? ( kalau kata Alm. Gusdur.."gitu aja kok repot".. hehehe...) piss
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive