Let's Share your experience!!!

Close (X)


Apakah Anda membutuhkan sistem aplikasi untuk data science, absensi, pertokoan, sistem mikrokontroler Arduino/ Raspberry Pi?
Kami menyediakan semua kebutuhan sistem penyimpanan data jurnal dan akuntansi untuk toko anda, Dapat dikembangkan untuk sistem koperasi, Apapun permasalahan pertokoan, kami solusinya.
Kami di sini semua
Silahkan daftar atau gunakan akses kami menggunakan username kasir dan pasword 123456

Thursday, August 8, 2013

Konfigurasi NTP Client Pengaturan Jam Otomatis di Mikrotik

Jika kalian menggunakan sebuah Routerboard atau RB sebagai mesin dari Mikrotik kalian, tentunya kalian menyadari kalau setiap si Routerboard itu mati maka konfigurasi jam dan tanggal pada si Routerboard itu akan berubah sendiri menjadi konfigurasi tanggal dan jam ketika si Routerboard itu pertama kali diproduksi. Nah hal ini pasti berakibat kepada konfigurasi lain yang kalian lakukan. Seperti misalnya kalian menerapkan aturan pembatasan bandwidth berdasarkan jam-jam tertentu. Kalau jam dan tanggalnya tiba-tiba berubah, kan konfigurasi yang sudah capek-capek kalian buat pasti sia-sia.

Oleh karena itu, disini kalian perlu menerapkan konfigurasi NTP Client kepada Mikrotik kalian agar masalah diatas dapat diatasi. Sudah tahu kan apa itu NTP? NTP (Network Time Protocol) intinya sih sebuah layanan untuk mencocokkan waktu. Jadi nanti kalian akan membuat Mikrotik kalian selalu mencocokkan jam dan tanggalnya dengan server NTP yang ada di Internet secara reguler, sehingga walaupun Mikrotik kalian nanti mati, ketika nyala lagi pasti akan langsung mencocokkan jam dan tanggalnya secara otomatis ke server NTP yang ada di internet itu. Got it?

Untuk menerapkannya, lakukan langkah-langkah berikut :

1. Akseslah Mikrotik kalian menggunakan Winbox. Jika belum mempunya Winbox, maka unduhlah terlebih dahulu dari sini.

2. Setelah kalian berhasil login, sekarang bukalah menu System > SNTP Client. Setelah terbuka, beri centang pada bagian Enabled, lalu isikan alamat 0.id.pool.ntp.org pada Primary NTP Server dan 1.id.pool.ntp.org pada Secondary NTP Server. Jika sudah klik OK. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.



3. Langkah selanjutnya adalah kalian harus mengatur zona waktu kalian agar mengarah ke Indonesia. Caranya dengan mengakses menu System > Clock, lalu gantilah Time Zone Name nya menjadi Asia/Jakarta. Jika sudah klik OK.



Sekarang saya jamin konfigurasi jam di Mikrotik kalian pasti tidak akan berubah-ubah lagi.

nb : Mikrotik kalian harus terkoneksi ke internet untuk dapat melakukan langkah-langkah diatas.

Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive