Let's Share your experience!!!

Close (X)


Apakah Anda membutuhkan sistem aplikasi untuk data science, absensi, pertokoan, sistem mikrokontroler Arduino/ Raspberry Pi?
Kami menyediakan semua kebutuhan sistem penyimpanan data jurnal dan akuntansi untuk toko anda, Dapat dikembangkan untuk sistem koperasi, Apapun permasalahan pertokoan, kami solusinya.
Kami di sini semua
Silahkan daftar atau gunakan akses kami menggunakan username kasir dan pasword 123456

Thursday, August 29, 2013

Routing NAT Masquerade Berdasarkan Waktu Tertentu di Mikrotik


Hai sahabat Linuxku.com. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit tutorial yang masih berkaitan dengan Routing NAT Masquerade di Mikrotik. Artikel kali ini juga masih ada hubungannya dengan artikel saya sebelumnya yang mengenai Routing NAT Masquerade untuk IP Tertentu di Mikrotik yang dapat kalian lihat disini.

Lalu apa yang akan kita bahas pada artikel kali ini? Disini kita akan mencoba bereksperimen untuk memberikan fungsi waktu pada konfigurasi Routing NAT Masquerade. Misalnya kita hanya ingin memperbolehkan IP 192.168.1.1 sampai 192.168.1.20 mengakses internet pada jam 7 pagi sampai jam 4 sore dari hari senin sampai jumat saja. Maka opsi perintahnya adalah sebagai berikut :

Topologi :


Internet------ether1(Mikrotik)ether2-------LAN

Keterangan :
- Subnet LAN = 192.168.1.0/24

Perintah :

> ip firewall nat add chain=srcnat src-address=192.168.1.1-192.168.1.20 time=07:00:00-16:00:00,mon,tue,wed,thu,fri out-interface=ether1 action=masquerade

Lihat hasilnya dengan perintah berikut :

> ip firewall nat print

Oh iya, untuk melakukan konfigurasi Routing NAT Masquerade berdasarkan waktu seperti ini pastikan bahwa pengaturan tanggal dan jam pada Mikrotik kalian sudah akurat. Pastikan bahwa Mikrotik kalian sudah dikonfigurasi dengan metode NTP Client yang bisa kalian lihat di artikel yang sudah pernah saya tuliskan disini.

Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive