Tuesday, March 7, 2023

Kisi-kisi Soal UTS dan UAS Mobile Computing Beserta Jawaban

 1. Berikut ini yang tidak termasuk dengan pemanfaatan mobile computing adalah ….

a. Laptop dengan wireless LAN

b. Mobile phone

c. Wearable computer

d. Personal Digital Assistant (PDA) dengan Bluetooth atau IRDA

e. Analog watch


2. Voice function, SMS, packet switching untuk Internet, MMS merupakan beberapa fitur dalam ….

a. Personal Digital Assistant (PDA) dengan Bluetooth atau IRDA

b. Analog watch

c. Smart watch

d. Digital watch

e. Mobile phone


3. ITU memulai proses standard sistem 3G dikenal sebagai International Mobile Telecommunications 2000. ITU merupakan singkatan dari ….

a. Indo Telecommunication Users

b. Indo Telegram Users

c. International Telegram Union

d. International Telecommunication Users

e. International Telecommunication Union


4. Third Generation Partnership Project 2 (3GPP2) dibentuk untuk mengembangkan teknologi cdma2000 yang merupakan anggota keluarga ….

a. ITU-T b. ITU c. UMTS d. WRC e. IMT-2000


5. Teknologi berikut yang dimiliki oleh GSM adalah ....

a. FDMA

b. W-CDMA

c. CDMA

d. 4G

e. TDMA


6. Berikut ini yang termasuk ke dalam 3G adalah ….

a. UMTS, CDMA2000

b. GSM,UMTS

c. IS-95, GSM

d. NMT, UMTS

e. NMT, GSM, UMTS


7. Teknologi nirkabel yang memiliki berbagai aplikasi dalam cakupan MAN (Metropolitan Area Network) adalah ….

a. Bluetooth

b. WiMAX

c. WPAN

d. UWB

e. ZigBee


8. Salah satu teknologi broadband wireless adalah ….

a. Fiber optik

b. Packet oriented node

c. Wifi

d. MSan

e. xDSL


9. Teknologi wireless yang cocok untuk area indoor adalah ….

a. GPRS b. LAN c. WiMax d. Wifi e. UMB


10. Jaringan yang memiliki model konfigurasi peer to peer pada wireless adalah ….

a. Access point b. Wifi c. WiMax d. Adhoc e. Infrastruktur


11. WiMAX  merupakan  label  dunia  yang  dapat  beroperasi melalui produk-produk berbasiskan standar IEEE 802.16 dengan menggunakan model tetap dan mobile. WiMax merupakan singkatan dari .... 

a. World Interoperability for Microwave Access

b. Worldwide Interational for Microwave Access

c. World Interoperability for Micro Access

d. Worldwide Interoperability for Microwave Access

e. Worldwide Interoperability for Micro Access


12. Komponen wireless LAN yang bertugas mengirim dan menerima data serta sebagai buffer data antara wireless LAN dan wired LAN adalah ….

a. Omnidirectional Antenna

b. LAN Adapter

c. Directional Antenna

d. Access Point

e. Extension Point


13. Teknologi wireless broadband masa depan yang mampu menjangkau jauh ke pelosok desa dan yang diharapkan mampu membuat operator dapat menawarkan wireless broadband services dengan harga yang terjangkau adalah ….

a. CDMA

b. WCDMA

c. TD-SCDMA

d. CDMA2000

e. Long term evolution


14. Teknologi yang digunakan pada generasi sebelum 4G, kecuali ....

a. Time Division Multiple Access

b. Frequency Division Multiple Access

c. Code Division Multiple Access

d. High Speed Downlink Packet Access

e. Long term evolution


15. The performance of computing tasks while the user is on the move, or visiting places other than their usual environment also called the term ….

a. Cloud computing

b. Cost computing

c. Mobile computing

d. Ubiquitous computing

e. Union computing


16. The harnessing of many small, cheap computational devices that are present in users’ physical environments, including the home, office and even natural settings also called the term ….

a. Cloud computing

b. Cost computing

c. Ubiquitous computing

d. Union computing

e. Mobile computing


17. Smart phones have PDA-like computing functionality by virtue of running operating systems below, except ….

a. Symbian

b. Google’s Android

c. Win7

d. Apple’s iOS

e. Windows Phone 7


18. Berikut ini yang termasuk ke dalam Location, velocity and orientation sensors adalah ....

a. Infrared readers

b. Radio Frequency IDentification

c. Satellite navigation (GPS)

d. Thermometers

e. Microphones


19. Maximum range untuk UWB adalah ....

a. 1 meter b. 5 meter c. 10 meter d. 50 meter e. 100 meter


20. ZigBee beroperasi pada frekuensi ….

a. 2.4 GHz

b. 5 GHz

c. 3.1 GHz

d. 10.6 GHz

e. 1 GHz


21. Komparasi harga barang dalam salah satu contoh aplikasi mobile merupakan bagian dari area aplikasi mobile dalam bidang ....

a. Business-to-Employee

b. Business-to-Business

c. Business-to-Customer

d. Government and Public services

e. Mobile Transaction


22. Koleksi protokol telepon genggam dalam 3,5G yang memperluas dan memperbaiki kinerja protokol Universal Mobile Telecommunications System adalah ….

a. CDMA2000

b. CDMA

c. HSPA

d. 3GPP

e. LTE


23. Berikut merupakan beberapa tantangan teknis dalam implementasi mobile, kecuali ….

a. Durability

b. Security

c. Battery life

d. Hardware

e. How to reorganize workflows


24. Berikut merupakan beberapa tantangan organisasi dalam implementasi mobile di bidang kesehatan, kecuali ....

a. Networking

b. Difficult to calculate ROI

c. Staff don’t like change

d. Doctors too busy – to learn

e. Doctors difficult to accept new technology


25. Yang tidak termasuk ke dalam kekurangan pada mobile computing adalah …. 

a. Security

b. Interferences

c. Keterbatasan jarak

d. Izin penggunaan Frequency

e. Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel


1. Google's SDK for crafting beautiful, fast user experiences for mobile, web and desktop from a single codebase named by ….
a. Android
b. Arduino
c. Kivy
d. Vysor
e. Flutter

2. Data might be held in XML form, and scripts in the eXtensible Style Language Transformations (XSLT) used to create renderable forms for a given context. In other cases, the original data is already a type of multimedia data, such as images; in that case, the process of adapting it is known as ….
a. multimedia
b. analog
c. database
d. json
e. transcoding

3. The differences between mobile and ubiquitous systems and the more conventional distributed systems, largely to do with aspects of ….
a. volatility and model integration
b. non volatility and model integration
c. non volatility and device integration
d. non volatility and Things
e. volatility and physical integration

4. An open source Python library which is used to create applications on Windows, Linux, MacOS, Android and iOS named by ….
a. Flutter b. Android Studio c. Pytorch d. Vysor e. Kivy

5. Elemen user interface yang menyusun basic building block UI dalam Android Studio seperti button, label, textfield disebut juga dengan ....
a. Activity
b. Intent
c. Service
d. Android Virtual Device
e. View

6. Inti dari common control adalah 2 class pada source dalam Android Studio yaitu ….
a. android.view.View dan android.view.ViewGroup
b. android.view.View dan android.view.Main
c. android.view.View dan android.view.MyManifest
d. android.view.View dan android.view.Manifest
e. android.view.View dan android.view.Class

7. ScrollView di Kivy menyediakan tampilan yang dapat digulir/ scroll. Dengan menggunakan scrollview, kita dapat menggulir melalui sumbu x serta sumbu y di layar. Library yang tepat untuk scrollview adalah ….
a. runTouch
b. runTouchApp
c. runTouchApplication
d. runTouchs
e. TouchApps

8. A KivyButton() class is created with 2 custom methods, namely ….
a. post() and delete()
b. enable() and update()
c. disable() and update()
d. post() and create()
e. create() and delete()

9. Komponen utama yang dapat digunakan dalam aplikasi Android untuk menampilkan antarmuka aplikasi adalah ….
a. AndroidManifest.xml
b. Content Provider
c. Broadcast Receiver
d. Activity
e. Service

10. Komponen utama yang dapat digunakan dalam aplikasi Android untuk menjalankan proses aplikasi di belakang layar adalah ….
a. AndroidManifest.xml
b. Content Provider
c. Broadcast Receiver
d. Service
e. Activity

11. Komponen yang digunakan dalam aplikasi Android sebagai bagian dari antarmuka pengguna dalam Activity seperti tampilan tab atau pager adalah ….
a. Manifes
b. Layout
c. View
d. Fragment
e. Activity

12. Manifes melakukan banyak hal selain mendeklarasikan komponen aplikasi, kecuali ….
a. Mengidentifikasi izin pengguna yang diperlukan aplikasi, seperti akses Internet atau akses-baca ke kontak pengguna
b. Mendeklarasikan API Level minimum yang diperlukan aplikasi, berdasarkan API yang digunakan aplikasi
c. Mendeklarasikan fitur perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan aplikasi, seperti kamera, layanan Bluetooth, atau layar multisentuh
d. Menerima pesan intent dari aplikasi lain atau dari sistem
e. Mendeklarasikan pustaka API aplikasi perlu ditautkan (selain Android framework API), seperti library Google Maps

13. File XML yang mendefinisikan tata letak untuk antarmuka pengguna (UI) aktivitas adalah ….
a. app > res > AndroidManifest.xml
b. Gradle Scripts > build.gradle
c. app > manifests > AndroidManifest.xml
d. app > java > com.example.myfirstapp > MainActivity
e. app > res > layout > activity_main.xml

14. Tampilan teks yang tidak bisa diubah, namun dapat dibuat seperti halnya hyperlink disebut ....
a. Text
b. Link
c. Hyperlink
d. View
e. TextView

15. Trojan horse program dapat menyerang sistem mobile merupakan jenis serangan ….
a. Resource abuse
b. Data loss
c. Malware
d. Social engineering
e. Tampered

16. Salah satu masalah keamanan seperti kehilangan data dalam sistem mobile disebut ….
a. Data Integrity threats
b. Lost
c. Data loss
d. Eavesdroping
e. mobile loss

17. Jenis serangan dengan mencoba untuk merusak atau memodifikasi data tanpa izin dari pemilik data dinamakan ….
a. DoS
b. Data loss
c. Data Integrity threats
d. Resource Abuse
e. Social Engineering Attacks

18. Berikut ini yang termasuk ke dalam F-Secure Mobile Security, kecuali ....
a. Virus protection
b. Firewall
c. DoS
d. Location
e. Remote lock

19. Mobile operating system yang telah dikembangkan oleh Samsung Elektronics dari korea adalah ....
a. IoS b. Android c. Bada d. Symbian e. Blackbery OS

20. Mobile commerce merupakan salah satu aplikasi mobile dalam area ….
a. B2B
b. B2C
c. C2C
d. G2C
e. Semua salah

21. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam aplikasi web mobile adalah ....
a. Dapat berjalan baik di semua browser modern pada platform mobile
b. Tahap pengembangan yang sangat mudah karena menggunakan teknologi web yang sudah ada
c. Kemampuan aplikasi sangat terbatas, tidak dapat mengakses fitur-fitur perangkat keras
d. Bahasa pemrograman yang cukup mudah dan familiar seperti html 5, css 3 dan javascript
e. Memiliki performa yang baik dan selalu update

22. Berikut framework yang digunakan untuk pengembangan hybrid mobile apps, kecuali ….
a. React Native
b. Iconic
c. Node JS
d. PhoneGap
e. Onsen UI

23. Framework populer dan menjadi favorit para developer untuk pengembangan aplikasi dan dapat bekerja dengan sangat baik dengan AngularJs yaitu ….
a. React Native
b. Onsen UI
c. Node JS
d. PhoneGap
e. Iconic

24. Perintah yang digunakan untuk mengetahui versi flutter yang digunakan adalah ....
a. flutter --version
b. flutter -version
c. flutter version
d. flutter --V
e. flutter --Version

25. Sebuah class pada Android yang berfungsi sebagai semacam sandbox untuk menampilkan dan menjalan aplikasi mobile yang berbasiskan web, entah itu HTML5, JQuery Mobile, dan sebagainya adalah …. 
a. HTML5
b. Website
c. Flutter
d. Kivy
e. WebView



No comments:

Post a Comment