Wednesday, March 8, 2023

Kisi-kisi Soal UTS dan UAS Pemrograman Java Beserta Jawaban

1. Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memiliki karakteristik berikut, kecuali ….

a. Static

b. Simple

c. Distributed

d. Portable

e. Robust


2. Script System yang berguna untuk mengirim keluaran ke layar adalah ….

a. System.in

b. System.out

c. System.err

d. System.exit

e. System.show


3. Sintaks java untuk melakukan kompilasi terhadap berkas program adalah ….

a. java

b. javaclass

c. javac

d. javax

e. jdk


4. Hasil kompilasi dari file atau berkas java akan membentuk file berisi ….

a. BAK

b. Class

c. Executable

d. Bytecode

e. Java


5. Method System.in dalam java memiliki fungsi untuk .…

a. Mengirimkan keluaran ke layar

b. Menangani suatu objek

c. Menampilkan pesan kesalahan

d. Menangani suatu objek

e. Menangani pembacaan dari keyboard


6. Method yang digunakan untuk mengkonversi nilai string ke integer dalam Java adalah ….

a. parseInt( )

b. converseInt( )

c. Cint( )

d. ChangeInt( )

e. Public int( )


7. Berikut ini yang termasuk tipe data primitive adalah…

a. byte

b. character

c. Boolean

d. Double

e. float


8. Berikut ini yang termasuk tipe data reference adalah…

a. float

b. Character

c. short

d. int

e. String


9. Berikut ini adalah hak akses yang dapat ditambahkan di depan method dalam source code Java yaitu ….

a. public, preorder, protected

b. public, private, protected 

c. class, preorder, static

d. class, private, preorder

e. class, private, public


10. Tipe data yang merupakan sistem bilangan dengan format desimal adalah .…

a. byte

b. short

c. float

d. int

e. char


11. Special escape character untuk memberikan baris baru adalah .…

a. \b

b. \t

c. \n

d. \r

e. \f


12. Hasil yang akan muncul dari script berikut adalah ….

class soal12 {

     public static void main(String[] args){

          int count = 1;

          while (count < 5) {

               System.out.print(count);

               count++;

          }

     }

a. 01234

b. 012345

c. 1234

d. 12345

e. 2345


13. Hasil yang akan muncul dari script berikut adalah ….

class soal13 {

     public static void main(String[] args){

      char[] copyFrom = { 'd', 'e', 'c', 'a', 'f', 'p', 'r', 'g', '3', 'e', 'i', 'n', 'a', 't', 'e', 'd' }; 

char[] copyTo = new char[7]; 

System.arraycopy(copyFrom, 5, copyTo, 0, 4); 

System.out.println(new String(copyTo));

     }

a. ated

b. ecafp

c. prg

d. prg3

e. 3ein


14. Hasil yang akan muncul dari script berikut adalah ….

class soal14 {

     public static void main(String[] args){

          int x = 18;

          int y = 4;


          System.out.print(x%y);

     }

a. 5

b. 4

c. 3

d. 2

e. 1


15. Hasil yang akan muncul dari script berikut adalah ….

class soal15 {

     public static void main(String[] args){

          for(int i=6; i<9; i++) {

               System.out.print(i);

          }

     }

a. 7

b. 8

c. 78

d. 678

e. 6789


16. Java GUI memiliki tampilan menarik dan user friendly, GUI merupakan singkatan dari .…

a. Global User Inter

b. Global User Increment

c. Global User Interface

d. Graph User Inter

e. Graphical User Interface


17. Berikur ini merupakan Java GUI Component dari javax.swing, kecuali .…

a. javax.swing.JFrame

b. javax.swing.JLabel

c. javax.swing.JTextField

d. javax.swing.JButton

e. javax.swing.JSelectOption


18. Berikur ini merupakan contoh model tampilan Java GUI Component dari javax.awt, kecuali .…

a. JPanel

b. FlowLayout

c. BorderLayout

d. GridLayout

e. JSelect


19. Method yang digunakan untuk mengubah seluruh huruf dalam string menjadi huruf besar atau kapital adalah ….

a. UpperCase()

b. UperCase()

c. toUperCase()

d. isUpperCase()

e. toUpperCase()


20. Statement yang digunakan untuk mengkonversi nilai string ke double dalam Java adalah ….

a. parsedouble()

b. DoubleValue()

c. parseFloat()

d. ChangeDouble()

e. parseDouble()


21. Method yang digunakan untuk mengubah panjang data StringBuffer adalah …

a. length()

b. Changelength()

c. reverse()

d. setLength()

e. setLong()


22. Method yang digunakan untuk mengambil suatu karakter berdasarkan lokasi yang kita berikan adalah …

a. toCharAt()

b. toCharArray ()

c. charAt()

d. valueOf()

e. valueOn()


Untuk soal no. 23 sampai 25, Perhatikan source code berikut:


1. public class soalAll {

2. public static void main( String args[] ) {

3.   String hasil = "";

4.   int x;

5.   for ( x = 1; x < 10; x++ ) {

6.    if ( x == 5 )

7.    break;

8.    hasil = hasil + x;

9.   }

10.   System.out.print(hasil);

11. }

12. }


23. Hasil keluaran untuk source code ini adalah .…

a. 123

b. 1234

c. 12345

d. 123456

e. 1234567


24. Jika baris ke-7 dari source code diubah dengan perintah continue; maka akan menghasilkan keluaran…..

a. 123

b. 12345

c. 12346789

d. 123456789

e. 12345678910


25. Jika baris ke-6 dari source code diubah if ( x == 2 ) maka hasil keluaran untuk source code ini adalah .…

a. null

b. 0

c. 1

d. 2

e. 23456789

 

1. Method yang memeriksa apakah objek Number yang menggunakan method sama dengan argumen pada method adalah ….

a. equals()

b. valueOf()

c. toString()

d. parseInt()

e. abs()


2. Method yang memberikan integer terbesar yang kurang dari atau sama dengan argumen yang diberikan adalah ….

a. ceil()

b. floor()

c. round()

d. min ()

e. max()


3. Method yang digunakan untuk mendapatkan nilai acak antara 0.0 sampai 1.0 adalah ….

a. pow()

b. sqrt()

c. random()

d. abs()

e. floor()


4. Method yang mengembalikan bentuk kecil/ biasa dari nilai char yang dispesifikasikan adalah ….

a. isUpperCase()

b. isLowerCase()

c. toUpperCase()

d. toLowerCase()

e. sqrt()


5. Kemampuan suatu objek untuk memiliki banyak bentuk disebut dengan .…

a. instanceof

b. extends

c. Enkapsulasi

d. Abstraksi

e. Polimorfisme


 


6. Swing Component yang tepat untuk nomor 6 adalah ….

a. JTable

b. JPanel

c. JLabel

d. JComboBox

e. JButton


7. Swing Component yang tepat untuk nomor 7 adalah ….

a. JComboBox

b. JPanel

c. JLabel

d. JScrollPane

e. JButton


8. Swing Component yang tepat untuk nomor 8 adalah ….

a. JInputText

b. JTextField

c. JText

d. JField

e. JTextArea


Soal No.9 - 12

public static void main(String[] args) {

        /* Set the Nimbus look and feel */

        //………….not shown

        /* Create and display the form */

        EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

            public void run() {

                JFrame ___9___= new JFrame();

                frame.setContentPane(___10___ jenis());

                frame.setDefault____11_____Operation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

                frame.pack();

                frame.setVisible(___12___);

            }

        });

}

9. Code yang tepat untuk melengkapi script no. 9 adalah .…

a. pack

b. frame

c. set

d. Pane

e. void


10. Code yang tepat untuk melengkapi script no. 10 adalah .…

a. class

b. old

c. new

d. func

e. char


11. Code yang tepat untuk melengkapi script no. 11 adalah .…

a. Exit

b. Open

c. Close

d. Enter

e. In


12. Code yang tepat untuk melengkapi script no. 12 adalah .… 

a. 0

b. 1

c. false

d. true

e. show


13. Script berikut yang kurang tepat adalah ….

a. cobaSwing mainFrame = new cobaSwing();

b. mainFrame.setSize(300, 200);

c. mainFrame.setTitle(“Coba Swing");

d. JPavel pnl = new JPavel();

e. pnl.add(new JButton(“Tombol 2"));


14. Script yang tepat untuk menampilkan Frame adalah ….

public uas(){

mainFrame = new JFrame("UAS PR203");

mainFrame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

mainFrame.setSize(300, 200);

pnl = new JPanel();

label = new JLabel("UAS");

tombol = new JButton("Exit");

pnl.add(label);

pnl.add(tombol);

mainFrame.add(pnl);

}

a. mainFrame.setVisible(true);

b. mainframe.show();

c. uas.show();

d. new uas().mainFrame.setVisible(true);

e. mf.mainFrame.setVisible(true);


15. Script untuk melengkapi JRadioButton berikut adalah ….

jrbPria = new JRadioButton("Pria",true);

jrbWanita = new JRadioButton("Wanita");

______________________

bgJnsKel.add(jrbPria);

bgJnsKel.add(jrbWanita);

pnl.add(jrbPria);

pnl.add(jrbWanita);

mainFrame.add(pnl);

a. ButtonGroup bgJnsKel = new JButtonGroup();

b. JButtonGroup bgJnsKel = new ButtonGroup();

c. JButtonGroup bgJnsKel = new JButtonGroup();

d. ButtonGroup bgJnsKel = new ButtonGroup();

e. radioButton bgJnsKel = new ButtonGroup();


16. Script berikut menunjukkan bahwa yang akan muncul adalah .…

String[] isiList = { "1", "2", "3", "4", "5" };

jlNo = new JList(isiList);

jlNo.setSelectedIndex(4);

pnl.add(jlNo);

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5


17. Salah satu layout digunakan untuk mengatur tata letak komponen pada panel dan merupakan bagian dari library awt adalah .…

a. SetLayout

b. JGrid

c. JLayout

d. Layout

e. GridLayout


18. Layout yang tepat untuk script berikut adalah .…

pnl = new JPanel();

pnl.setLayout(new GridLayout(___?____));

JLabel label = new JLabel("UAS1");

pnl.add(new JLabel("Cell1"));

pnl.add(new JLabel("Cell2"));

pnl.add(new JLabel("Cell3"));

pnl.add(new JLabel("Cell4")); 

mainFrame.add(pnl);

a. 1,4

b. 1,2

c. 2,4

d. 4,4

e. 2,2


19. Respon yang dilakukan oleh suatu object (dalam hal ini komponen) terhadap aksi atau tindakan yang diberlakukan terhadapanya dalam java dan merupakan bagian dari library awt biasanya disebut dengan ….

a. Event

b. Listener

c. Actiion

d. Listen

e. ActionListener


Untuk soal no. 20 sampai 25, Perhatikan source code berikut:

1. package aplikasiMart;

2. import java.sql.Connection;

3. import java.sql.DriverManager;

4. import java.sql.Statement;

5. public class koneksi {

6.    public static Connection con;

7.    public static Statement stm;

8.    public static void main(String args[]){

9.        try {

10.            String url ="jdbc:mysql://localhost/tugas";

11.           String user="root";

12.            String pass="";

13.            Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");

14.            con =DriverManager.getConnection(url,user,pass);

15.            stm = con.createStatement();

16.            System.out.println("koneksi berhasil;");

17.        } catch (Exception e) {

18.            System.err.println("koneksi gagal" +e.getMessage());

19.        }

20.    }    

21. }


20. Directory untuk script soal ini adalah ….

a. aplikasi

b. koneksi

c. class

d. Mart

e. aplikasiMart


21. Untuk melengkapi script soal ini dibutuhkan library …

a. Absolute Layout

b. Hibernate

c. Java DB Driver

d. MySQL JDBC Driver

e. mysql-connector-java


22. Nama database yang dipanggil dalam script soal ini adalah …

a. mysql

b. jdbc

c. tugas

d. localhost

e. root


23. Hasil keluaran untuk script soal ini jika koneksi tidak gagal adalah .…

a. koneksi

b. koneksi berhasil

c. koneksi gagal

d. berhasil

e. gagal


24. Nama file untuk script soal ini yang tepat adalah…..

a. java

b. con

c. koneksi.java

d. aplikasi.class

e. aplikasiMart.java


25. Bentuk hasil keluaran untuk script ini adalah .…

a. Message Notification

b. Graphical

c. Text line

d. Error Message

e. Frame


No comments:

Post a Comment