Thursday, February 7, 2013

10 Aplikasi HTML Editor Terbaik


Bagi kalian yang suka dengan bahasa pemrograman khususnya bahasa pemrograman web, pastinya sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis aplikasi HTML Editor bukan? Yap, aplikasi HTML Editor sangat membantu sekali apabila kita ingin membangun sebuah web dari nol. Jadi nanti disitu kita bisa memasukkan ataupun mengedit kode-kode script bahasa pemrograman dengan lebih mudah.

Naah, diantara sekian banyak Aplikasi HTML Editor tersebut, mana yang menjadi jagoan kalian? Kalau pengguna Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya DreamWeaver. Aplikasi yang satu ini memang benar-benar handal dan menjadi favorit para web programmer. Atau kalian lebih suka dengan BlueFish? Ini adalah aplikasi HTML Editor andalan para pengguna Linux karena Softwarenya gratis dan Open Source pula.

Mau tau lebih banyak aplikasi-aplikasi HTML Editor yang lainnya? Simak 10 Aplikasi HTML Editor terbaik berikut ini :

10. Amaya


Amaya adalah Software yang gratis dan dapat berjalan di Windows, Mac OS X, maupun Linux. Amaya mampu menghandle XHTML, CSS2 dan MathML. Amaya juga menyediakan dukungan WebDAV dan memiliki editor WYSIWYG serta spell check.

9. EZGenerator


Kalian dapat menggunakan EZGenerator dengan merogoh kocek sekitar $129. EZGenerator mendukung XHTML, Frames, JavaScript, CSS2, Java, Xforms, RSS, HTML 4.01 strict, HTML 5 dan HTML 4.01 f.set. Selain itu EZGenerator juga mendukung fasilitas FTP upload dan shared editing. Sayangnya aplikasi ini hanya berjalan di platform Windows

8. BlueGriffon


Kalau aplikasi yang ini kalian bisa menggunakannya secara gratis dan bisa berjalan di Linux juga. Fitur-fiturnya tidak jauh berbeda dengan Amaya, yaitu dapat mensupport XHTML, CSS2, MathML, XHTML 1.0 strict, HTML 4.01 strict dan HTML 5.

7. Freeway


Freeway adalah aplikasi seharga $79 dan hanya dapat berjalan di Mac OSX. Fitur-fiturnya cukup mumpuni juga, yaah sebanding lah dengan jumlah kocek yang harus dikeluarkan.

6. DreamWeaver


Diantara ke 10 aplikasi lainnya, DreamWeaver boleh dibilang software yang paling mahal. Karena untuk menggunakan piranti lunak yang satu ini kalian harus membayar sebesar $399! Fitur-fiturnya jelas sangat lengkap. XHTML, Frames, JavaScript, CSS2, XSLT, Java, MathML, RSS, Xpath, HTML 4.01 strict, HTML 5, HTML 4.01 f.set mampu dilakukan software ini. Dan tentunya, jika ada software berbayar, maka bisa dipastikan software ini hanyalah untuk OS Windows dan Mac OSX

5. Kompozer


Kompozer adalah salah satu aplikasi HTML Editor gratis yang layak diacungi jempol. Selain gratis, aplikasi ini juga dapat berjalan di hampir semua platform OS termasuk Linux dan BSD. Fitur-fiturnya pun hampir mirip dengan aplikasi-aplikasi HTML Editor lainnya.

4. Microsoft Expression Web


Satu lagi software besutan Microsoft yang berbanderol cukup mahal yaitu $129. Untuk fitur-fiturnya, mungkin setara dengan Adobe DreamWeaver.

3. Coffee Cup


Coffee Cup dihargai sebesar $69. Namun jangan ragukan kualitas software yang satu ini, ia mampu mendukung XHTML, Frames, JavaScript, CSS2, RSS dan Atom, XHTML 1.0 strict, HTML 4.01 strict, HTML 5, HTML 4.01 f.set, HTML 4.01 trans, XHTML 1.0 trans, HTML 1.0 f.set dan juga termasuk FTP upload support dan memiliki beragam template website yang siap jadi.

2. Bluefish


Bluefish, seperti yang sudah saya katakan tadi merupakan aplikasi HTML Editor favorit para pengguna Linux. Karena selain gratis dan bersumber terbuka, tapi juga karena memang fitur-fiturnya yang sangat lengkap, seperti XHTML, Frames, JavaScript, CSS2, XSLT, Java, MathML, RSS, Xpath, HTML 4.01 strict, HTML 5, dan HTML 4.01 f.set. Fitur-fitur tersebut Bahkan boleh dibilang setara dengan aplikasi HTML Editor yang berbayar.

1. OpenBEXI


Ini dia si nomor satu. Dan bangganya, aplikasi ini adalah aplikasi yang gratis dan Open Source juga. :D OpenBEXI mampu berjalan di platform Windows, Mac OSX, maupun Linux. Fitur-fiturnya adalah RSS, HTML 4.0 trans., XHTML 1.0 strict, HTML 4.01 strict, HTML 5, HTML 4.01 f.set, HTML 4.01 trans, XHTML 1.0 trans., XHTML 1.0 f.set dan XHTML 1.1

Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive