Thursday, February 28, 2013

Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik 5.24


Abis lihat-lihat arsip blog yang kategori Mikrotik, ternyata saya baru tahu kalau saya belum pernah memposting tentang langkah-langkah instalasi Mikrotik disini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini ijinkanlah saya untuk membagikan sedikit tutorial tentang bagaimana langkah-langkah menginstall Mikrotik di PC kalian. Mikrotik yang saya gunakan adalah versi mikrotik terbaru 5.24 yang dapat kalian unduh disini.

Oh iya, sebelum kita mulai ke proses instalasi, siapkan terlebih dahulu sebuah PC/Komputer dengan jumlah ethernet sebanyak 2 buah. Tentunya yang satu kita gunakan untuk koneksi ke internet, dan yang satu lagi kita gunakan untuk koneksi ke jaringan lokal. Sudah? Yuk, sekarang mari kita install Mikrotiknya.

1. Pertama-tama bakarlah iso Mikrotik yang barusan telah kalian unduh kedalam sebuah CD kosong. Bisa dengan menggunakan Brasero ataupun K3b jika kalian menggunakan Ubuntu.
2. Jika sudah memiliki CD installer Mikrotiknya, selanjutnya settinglah pengaturan First Boot Device di komputer kalian menjadi CDROM.
3. Apabila komputer berhasil booting melalui CD, berikut adalah tampilan awal dari instalasi si Mikrotik.


4. Disini kalian dapat menekan Spasi untuk memilih paket instalasi yang kalian mau. Bisa juga dengan menekan tombol M untuk paket instalasi minimum. Atau tekanlah tombol A jika kalian ingin memilih semua paket instalasi. Saya sarankan install saja semua paketnya dengan menekan tombol A. Kemudian tekan tombol I untuk melakukan instalasi.


5. Nanti akan muncul pertanyaan "Do you want to keep old configuration?". Tekanlah tombol Y jika kalian ingin tetap menyimpan konfigurasi Mikrotik kalian yang lama. Atau tekanlah tombol N jika kalian ingin melakukan fresh install (semua konfigurasi lama akan dihapus). Karena saya ingin melakukan fresh install saja, maka disini saya memilih N.


6. Setelah itu tekanlah tombol Y jika muncul pertanyaan dibawah ini. Ingat, setelah ini semua partisi harddisk dan data-data kalian yang lama akan dihapus.


7. Proses instalasi akan berlangsung cepat, sekitar 3-5 menitan lah. Tinggal tunggu saja. Nanti jika sudah muncul peringatan instalasi sukses seperti ini, tekanlah Enter untuk merestart komputer kalian.


8. Berikut adalah tampilan awal login Mikrotik.


Isikan Username-nya dengan Admin dan passwordnya biarkan saja kosong, lalu tekan Enter. Ini adalah tampilan jika kalian sudah berhasil login.


Setelah Mikrotik terinstall, selanjuitnya lakukan langkah-langkah 6 Konfigurasi Dasar Mikrotik agar Mikrotik kalian dapat berfungsi dengan benar.

Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive