Friday, February 1, 2013

Cara Mem-Blok Samba Terhadap IP Address Tertentu


Ngomongin tentang jaringan memang enggak ada habisnya yah. Akhir-akhir ini emang lagi giat mempelajari berbagai macam script yang bisa dilakukan dengan iptables. Eh barusan nemu lagi kombinasi yang baru, yaitu Cara Mem-Blok Samba Terhadap IP Address Tertentu. Awalnya sih gara-gara pas lagi ngeliat-liat forum Ubuntu Indonesia bagian Server, disitu ada user yang nanya bagaimana cara ngeblok Samba tapi untuk ip address tertentu saja. Jadi dia ingin memblok akses samba untuk user yang menggunakan ip address dari 192.162.100.93 sampai 192.162.100.100. Nih screenshotnya :


Terus terang saya belum berani jawab karena emang saya belum tau. Tapi kemudian ada orang yang ngasih clue kayak gini :



Naah, akhirnya dari clue tersebut, saya coba gabungkan scriptnya menjadi seperti ini :

# iptables -A INPUT -m iprange --src-range 192.168.100.93-192.168.100.100 -p tcp -m multiport --dports 137,138,139,445 -j REJECT
iptables -A INPUT -m iprange --src-range 192.168.100.93-192.168.100.100 -p udp -m multiport --dports 137,138,139,445 -j REJECT


Dan walaaa, case closed! :D


Semoga bermanfaat :)

SUMBER
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive