Saturday, February 23, 2013

Install Libre Office 4.0 di Ubuntu 12.04 LTS


Walaupun kayaknya sudah terkesan basi, tapi yang namanya ingin berbagi pasti tidak ada kata terlambat bukan? Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada kalian bagaimana cara menginstall Libre Office 4.0 di Ubuntu 12.04 LTS.

Awal dari niat saya ingin menulis artikel ini sebenarnya karena ingin memberikan step-by-step yang benar setelah melihat adanya beberapa teman saya yang mengalami kegagalan saat ingin menginstall Libre Office versi 4.0 ini. Ada yang Libre Officenya malah hilang, ada juga yang berhasil terinstall tapi Libre yang versi terbarunya tidak bisa dibuka. Oleh karena itu agar tidak ada kejadian serupa yang menimpa para pembaca setia blog ini, maka ikuti terus postingan ini ya.

Baiklah, langsung saja.

1. Download Libre Office nya terlebih dahulu disini. Saya menggunakan Ubuntu 12.04 LTS 32 Bit.

2. Setelah didownload, tahap yang harus kalian lakukan sebelumnya adalah menghapus terlebih dahulu versi Libre Office kalian yang sebelumnya dengan perintah berikut :

$ sudo apt-get purge libreoffice*

3. Kemudian ekstraklah file Libre Office yang tadi sudah kalian download. Nah, setelah diekstrak, kalian akan menemukan satu folder bernama LibreOffice_4.0.0.3_Linux_x86_deb. Masuklah kedalam folder tersebut, kemudian carilah folder DEBS > desktop-integration.


Kopikan file libreoffice4.0-debian-menus_4.0.0-103_all.deb yang ada didalam folder desktop-integration tersebut ke folder DEBS sebelumnya yang ada banyak sekali file-file .deb.


4. Jika sudah, sekarang barulah kalian install dengan mengetikkan perintah berikut ini :

$ sudo dpkg -i /letakfile/libreofficenya/DEBS/*.deb

Contoh :

$ sudo dpkg -i /home/rizal/Downloads/Packages/LibreOffice_4.0.0.3_Linux_x86_deb/DEBS/*.deb

5. Dan lihatlah kini Libre Office versi 4.0 sudah terinstall di mesin kalian. :D



Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive