Thursday, September 5, 2013

DHCP Reservation IP di Mikrotik


Dalam penerapan DHCP Server di jaringan, biasanya setiap komputer atau user akan mendapatkan IP Address yang berbeda setiap kali mengajukan peminjaman IP. Hal ini tentunya akan membuat kita sedikit kesulitan dalam mengelola jaringan kita tersebut. Lalu bagaimana jika kalian ingin membuat beberapa komputer/user tertentu akan selalu mendapatkan IP Address yang sama ketika mereka meminjam IP ke DHCP Server? Di Mikrotik, kalian bisa melakukan hal ini dengan melakukan teknik DHCP Reservation IP. Caranya adalah dengan menambahkan MAC Address dari komputer/user yang ingin kalian berikan IP Address static tadi. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Misalnya kalian ingin membuat komputer yang memiliki MAC Address 00:11:22:33:44:55 akan selalu mendapatkan IP Address 192.168.1.99. Maka bukalah Mikrotik kalian melalui Winbox, kemudian bukalah New Terminal. Lalu ketikkan perintah berikut ini :

> ip dhcp-server lease add address=192.168.1.99 mac-address=00:11:22:33:44:55

Dengan begitu setiap komputer dengan MAC Address yang sudah kalian daftarkan tadi, akan selalu mendapatkan IP Address yang sama setiap kali ia konek ke jaringan.

2. Cara diatas sebenarnya memiliki kelemahan, karena pada kasus diatas kita masih mempraktekkan satu MAC Address saja yang ingin didaftarkan. Bagaimana kalau nanti ada 100 komputer? 1000 komputer? Wah, akan melelahkan sekali pasti. Lalu bagaimanana solusinya agar efisien? Dengan memanfaatkan fitur GUI melalui media Winbox, kalian bisa melakukannya dengan mudah.
Pertama-tama, kalian suruh terlebih dahulu komputer yang ingin kalian jadikan statik untuk konek ke dalam jaringan. Setelah itu silahkan buka menu IP > DHCP Server > Leases. Disitu terlihat kalau si komputer sudah terkoneksi dan mendapatkan IP. Pilihlah baris komputer tersebut, lalu klik tombol Make Static.


Nantinya jika ada beberapa komputer sekaligus yang ingin kalian jadikan static, maka tinggal kalian seleksi saja baris komputer-komputer yang ingin kalian pilih, setelah itu baru klik Make Static.

Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive