Wednesday, September 11, 2013

Ubah Wireless Router Murah Meriah Menjadi Wireless Router Mewah!!!



Halo, kembali lagi bertemu dengan saya, Aji. Kali ini saya menulis artikel yang terinspirasi dari tulisan Adam Pash di Lifehacker yang berjudul "Turn your $60 router into a $600 router"

Cerita ini bermula ketika awal tahun 2013 ini wireless router murah seratus ribuan sejuta umat yang saya pasang di rumah saya, yaitu TP-Link TL-WR740N tiba-tiba ngadat dan aktifitas ber-internet ria di rumah menjadi terhambat. Usut punya usut, ternyata port WAN (biru) tiba-tiba saja fungsinya tertukar dengan port LAN no. 4 :P

(klik gambar untuk memperbesar)

Problem tersebut merupakan bug firmware (yang ternyata lazim terjadi) pada wireless router ini, saat itu versi firmware TL-WR740N saya adalah TL-WR740N_V4_120xxx, yang merupakan firmware seri lama, dan setelah mengintip website TP-Link saya menemukan update untuk versi yang lebih baru. Tetapi sebelumnya, saya penasaran apakah TL-WR740N ini dapat saya flash dengan firmware custom semisal OpenWRT ataupun DD-WRT ? setelah googling, akhirnya dapat dipastikan bahwa beberapa versi dari TL-WR740N dapat di flash dengan kedua custom firmware diatas. Pada tulisan ini saya hanya akan membahas proses instalasi DD-WRT di TL-WR740N, untuk OpenWRT silahkan klik disini untuk dokumentasinya.
Apa itu DD-WRT?
DD-WRT adalah firmware third-party yang dirilis berdasarkan GPL untuk wireless router yang berbasis pada chip wireless buatan Broadcom atau Atheros.
Firmware tersebut di maintain oleh Sebastian Gottschall dan beberapa developer lainnya. Versi pertama dari DD-WRT berdasarkan Alchemy Firmware dari Sveasoft Inc. yang merupakan perpaduan dari firmware original Linksys yang berbasis GPL dan beberapa open-source projects lainnya. Keputusan Sveasoft untuk mengkomersilkan firmware tersebut, membuat firmware tersebut menjadi Closed-Source. DD-WRT yang sekarang (v24) merupakan project yang baru, karena mempunyai fitur-fitur yang lebih banyak dibandingkan pendahulunya, dan source nya dapat di unduh disini.

TP-Link WR740N
TP-Link WR740N merupakan wireless router buatan TP-Link yang berbasis pada System on Chip Broadcom / Atheros. Mempunyai  dua versi utama, yaitu versi yang dipasarkan di China dan versi Internasional (sebenarnya ada versi Rusia, namun dokumentasi untuk versi ini kurang begitu jelas). Untuk wilayah Indonesia, kita memakai versi Internasional. Versi Internasional untuk saat ini sampai pada versi v4.27 (kalau ada yang mendapat versi diatas angka tersebut, silahkan share disini). Pada tiap-tiap versi kadang memiliki perubahan terhadap hardware, saya sendiri mempunyai tiga buah TL-WR740N dan kesemuanya memiliki versi yang berbeda-beda, yaitu v4.22, v4.24 dan v4.26. Pada v4.22 memiliki spek SoC Atheros AR9331 , 400Mhz CPU, 4MB Flash/32MB RAM (zentel a3s56d40ftp) sedangkan v4.24 dan v4.26 memakai SoC Atheros AR9330 rev 1, 400Mhz CPU, 4MB Flash/32MB RAM.


 (klik untuk memperbesar)

Proses Instalasi (DO WITH YOUR OWN RISK!!!)
Pada proses instalasi ini saya memakai TL-WR740N saya yang memiliki versi firmware v4.22 (karena yang ngadat yang ini). Perlu diperhatikan bahwa versi firmware yang dipakai haruslah sama dengan ketentuan yang ada di DD-WRT, apabila salah dalam proses flash, maka ada kemungkinan untuk BRICK.
Link file-file yang perlu untuk di download : 

ftp.dd-wrt.com/others/eko/BrainSlayer-V24-preSP2/2013/07-24-2013-r22118/tplink_tl-wr740nv4/

(well, blogger tidak dapat menampilkan link ftp, jadi silahkan copy-paste kan link diatas untuk menuju tempat file nya)
 
Terdiri dari dua file :
  • factory-to-ddwrt.bin  
  • tl-wr740nv4-webflash.bin
    Step by Step: 
    Disarankan untuk memakai koneksi dengan kabel LAN (nomor 1,2 atau 3) ketika melakukan proses flash firmware, akan tetapi penulis berulang kali melakukan flash melalui koneksi wireless dan tetap berhasil, do your liking :)
    1. Masuk ke tplinklogin.net atau 192.168.0.1 kalau ditempat saya.
    2. Pilih System Tools, kemudian klik Firmware Upgrade
    3. Pilih file factory-toddwrt.bin yang tadi telah di download, klik upgrade
    4. Baca doa, minum teh/kopi/susu, ambil rokok (kalau anda merokok) :D
    5. Router kemudian akan restart secara otomatis
    6. Kemudian silahkan login ke dd-wrt (konek ke LAN port, access 192.168.1.1)
    7. Buat username dan password baru
    8. Kemudian masuk ke Administrator di pilihan DD-WRT, dan pilih Firmware Upgrade, pilih tl-wr740nv4-webflash.bin dan klik Upgrade
    9. Selamat DD-WRT sudah terinstall di TP-Link WR740N anda.

    Apabila di kemudian hari router ini ingin anda kembalikan ke firmware original TP-Link, maka perlu untuk mendownload file webrevert dari sini (login dulu).

    Untuk list wireless router lain yang disupport oleh DD-WRT dapat kamu temukan disini dan disini  .





     

    Share:

    0 komentar:

    Post a Comment

    Blog Archive