Monday, September 23, 2013

Ubuntu Builder, Cara Mudah Untuk Buat Sendiri OS-mu



Prolog :
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang cukup populer yang dibuat oleh Canonical Inc. , disamping karena kemudahan proses instalasi juga karena ketersediaan aplikasi yang cukup melimpah sehingga membuat Sistem Operasi turunan dari Debian ini digemari banyak orang. Akan tetapi Ubuntu yang terus berkembang, membuat beberapa perubahan yang tidak semua penggunanya sreg untuk memakainya, salah satunya perubahan yang adalah Unity dan kontroversi-kontroversi lain yang mengikutinya. Oleh karena itu, kemudian berkembang turunan-turunan dari Ubuntu semisal Xubuntu, Kubuntu, Lubuntu, Linux Mint, dan lainnya.


Ubuntu Builder :
Ubuntu Builder merupakan tool yang dibuat oleh Francesco Muriana yang bertujuan untuk membuat distribusi bikinan kamu sendiri (berdasarkan Ubuntu), yang meliputi arsitektur i386 & amd64 (32-bit & 64-bit). Kamu dapat mendownload, mengekstrak, dan mengkustomisasi "ubuntu" semaumu, tanpa harus memiliki dasar pemrograman tertentu. Menarik bukan :) .
Ubuntu Builder memiliki fungsi yang sama seperti SUSEstudio, akan tetapi tidak seluas SUSEstudio dalam proses kustomisasinya, dengan kata lain Ubuntu Builder ditujukan untuk kalangan yang lebih pemula.

Proses Instalasi :
  • Buka Terminal, atau tekan Alt+Ctrl+T
  • ketik / copy paste perintah berikut :
sudo add-apt-repository ppa:f-muriana/ubuntu-builder
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-builder
  • Buka dash / tekan Alt+F2
  • Pilih / ketik ubuntu builder



Ada cukup banyak pilihan kustomisasi, dari Desktop Environment / Windows Manager, sampai dengan pemberian nama dari OS yang kalian kustomisasi. Selamat berkreasi :) .
 
 
 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive