Friday, September 20, 2013

Install Xtreme Download Manager IDMnya Linux di Blankon 8 Rote

Ini dia satu lagi aplikasi download manager di Linux yang dibuat sedemikian begitu miripnya dengan Internet Download Manager alias IDM. Namanya adalah Xtreme Download Manager. Dari segi tampilan, aplikasi ini memang sangat mirip dengan si IDM. Coba lihatlah beberapa screenshot dibawah ini :






Mirip bukan? Fitur-fiturnya pun cukup lengkap, seperti dapat terintegrasi dengan berbagai macam browser, pemecahan file download hingga 32 bagian, pause dan resume file download, download dengan penjadwalan, sampai bisa mendownload video dari Youtube.

Untuk menginstall Xtreme Download Manager IDMnya Linux di Blankon 8 Rote langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Satu hal yang unik dari aplikasi ini adalah, Xtreme Download Manager bentuknya adalah aplikasi portabel, sehingga tak perlu diinstall sama sekali. Downloadlah file XDMan.zip dengan mengklik link ini.

2. Setelah terdownload, ekstraklah file tersebut sehingga kalian akan mendapatkan sebuah folder baru bernama xdman. Usahakan jangan pernah menghapus ataupun memindahkan folder ini nantinya. Karena kita akan membuat aplikasi XDM ini akan langsung berjalan otomatis setiap komputer menyala.


3. Bukalah folder xdman, lalu klik kanan dan pilih Properties pada file xdman.sh


4. Pada tab Permissions, centanglah bagian Allow Executing file as a program seperti yang terlihat pada gambar. Ini gunanya agar file ini dapat dieksekusi/dijalankan. Jika sudah klik Close untuk menutup jendela tersebut.


5. Baru kemudian kalian jalankan file xdman.sh tersebut dengan mengkliknya sebanyak dua kali. Pilih Run jika muncul pesan seperti ini :


6. Selanjutnya kalian perlu mengatur fitur browser integration terlebih dahulu agar dapat mengintegrasikan XDM dengan browser kalian. Jika kalian menggunakan Mozilla Firefox, kalian cukup men-drag gambar tanda panah biru besar yang terlihat pada menu Browser Integration ini ke firefox kalian.


Nanti di Firefox kalian akan muncul jendela baru yang menanyakan apakah kalian ingin menginstall sebuah Add-on baru atau tidak. Klik saja Install Now. Setelah itu restart Firefox kalian.


Sedangkan untuk browser yang lain seperti Chrome, Opera, ataupun Safari, coba kalian klik pada tab Monitor All Browsers. Kemudian berikan centang pada bagian Run XDM on System Startup. Ini berguna agar XDM selalu berjalan setiap komputer dinyalakan.


Setelah itu klik lagi pada bagian Advanced Browser Integration. Nanti akan muncul sebuah jendela baru dimana disitu ada petunjuk-petunjuk bagaimana cara mengintegrasikan XDM pada browser yang lain.


Contohnya saja, jika saya menggunakan Google Chrome di Blankon Rote 8, maka konfigurasi Proxynya adalah seperti ini :


8. Sampai sini XDM sudah siap tempur. Yang terpenting ya..... happy downloading! :D

Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive