Sunday, February 12, 2012

Mempercepat booting Ubuntu 11.10


Ubuntu memang cepat dalam soal kecepatan booting. Di dalam mesin saya saja, untuk booting tidak sampai 20 detik, dan shutdown hanya memakan waktu 8 detik. Padahal Ubuntu saya masih ting-ting alias belum di oprek-oprek. Nah, apa jadinya kalo kita oprek lagi biar tambah kenceng tuh booting? Cekidot!

Sejenak, kita perlu tau cara kerja GRUB dahulu agar kalian mengerti nanti sebenarnya apa fungsi dari oprekan-oprekan kita kali ini. Ketika booting, GRUB akan mencari dan memuat seluruh driver yang dibutuhkan. Tentu saja, hal ini memakan waktu yang cukup lama terlebih lagi jika ada kesalahan ketika memuat driver yang dibutuhkan tersebut. Nah, trik kali ini adalah memangkas pencarian driver yang dilakukan oleh GRUB tersebut dengan membuat semacam profile yang akan dipakai GRUB ketika booting. GRUB tidak akan melakukan pencarian, tapi langsung memuat dari profile yang telah dibuat tadi. Jadi sistem kerjanya seperti cache gitu lho. Yuk langsung aja kita coba, berikut caranya :

Mempercepat booting Ubuntu 11.10

1. Edit file /etc/default/grub

sudo gedit /etc/default/grub

Lalu edit bagian GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” menjadi GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash profile”


Simpan perubahan dan lakukan perintah berikut untuk menyimpan efeknya :

sudo update-grub2

Lalu restart komputer kalian. GRUB membutuhkan sekali proses booting untuk membuat profile yang akan "diingat" ketika melakukan proses booting lagi nantinya. Setelah komputer menyala, kembalikan baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash profile” seperti semula yaitu GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash”. Lalu update lagi GRUB dengan perintah yang sama:

sudo update-grub2

2. Cara yang kedua ini adalah untuk mengaktifkan semua core prosessor saat proses booting. Tentunya cara ini hanya akan berhasil pada prosessor-prosessor multicore.

Ketikkan perintah ini di terminal :

sudo gedit /etc/init.d/rc

Lalu edit bagian CONCURRENCY=none atau CONCURRENCY=makefile. Ubah baris tersebut menjadi CONCURRENCY=shell.


Simpan perubahan. Restart komputer kalian dan rasakan perbedaannya. Di laptop saya cara ini bisa memangkas waktu booting sekitar 5 detik lho.

Semoga bermanfaat :)

Sumber : Ubuntubuzz

No comments:

Post a Comment