Saturday, March 2, 2013

Cara Menambahkan Kode Google Analytics di Blogger Template Dinamis


Bagi kalian yang belum tahu apa itu Google Analytics, Google Analytics merupakan layanan gratis milik google yang dapat kalian gunakan untuk melacak dan mencatat seluruh aktifitas website kalian. Sebenarnya sudah telat sekali bagi saya yang baru mengetahui hal ini sekarang. Karena seharusnya layanan ini merupakan salah satu layanan yang wajib dimiliki oleh seorang blogger profesional.

Pada postingan ini saya tidak akan menjelaskan mengenai cara untuk mendaftar ke layanan Google Analyticsnya, namun hanya memberitahukan cara untuk menambahkan kode yang diberikan oleh Google Analytics tersebut pada layanan Blogger yang menggunakan template dinamis seperti blog LinuxKU.com ini. Kode inilah yang nantinya akan membuat website/blog kalian dapat terlacak oleh si Google Analytics. Oke, tidak usah panjang lebar langsung saja kita mulai.

1. Saya anggap kalian sudah mendaftar ke Google Analytics dan sudah memiliki kode pelacaknya. Jika belum tahu caranya, silahkan googling yaa :D

2. Jika sudah mendaftar, silahkan login ke akun blogger kalian masing-masing.

3. Pilih pengaturan Template, kemudian klik Edit Html. Jika muncul sebuah peringatan yang mengatakan tidak boleh mengedit script secara sembarangan, pilih saja Proceed sehingga nanti akan muncul baris-baris kode template blogger kalian.

4. Tekan CTRL + F, kemudian carilah kata kunci </body>. Nanti kalian akan menemukan kira-kira baris script seperti ini :

</div> </div>
<!� end outer-wrapper �>
(Kopikan kode Google Analytics disini)
</body>
</html>


5. Tepat diatas baris </body> tersebut, kopikan kode Google Analytics yang telah kalian dapatkan.


Setelah itu pilih Save dan tutuplah jendela Edit Html tersebut.

6. Sekarang cobalah login ke akun Google Analytics kalian, kemudian lihatlah pada bagian Tracking Info. Jika muncul tulisan Receiving Data atau Tracking Installed maka kalian kemungkinan besar telah berhasil. Namun jika masih muncul tulisan Tracking Uninstalled atau sesuatu seperti itu, cobalah untuk mengulang langkah-langkah diatas hingga berhasil.


Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive