Saturday, March 16, 2013

Selamat Datang Kali Linux! Selamat Tinggal Backtrack!

Kali Linux tampaknya saat ini sedang menjadi buah bibir di kalangan pecinta linux seluruh dunia. Bukannya kenapa-kenapa, karena distro ini dulunya adalah distro Backtrack yang terkenal itu. Para pengembang Backtrack memutuskan untuk mengganti nama distronya menjadi Kali Linux di versi terbarunya ini untuk memfokuskan Kali Linux sebagai distro berbasis industri untuk percobaan penetrasi (penetration testing). Jadi Kali Linux ini akan dijadikan sebagai standarisasi distro Linux yang digunakan untuk percobaan penetrasi.

Logo Kali Linux

Saya pun tidak ketinggalan untuk mencoba distro yang sangat populer dikalangan para hacker ini. Setelah saya install di mesin saya (masih dualboot dengan Ubuntu 12.04 LTS), semuanya berjalan sempurna. Instalasi berlangsung cepat dan semua hardware laptop saya mampu terbaca dengan baik. Instalasi modem pun sangat mudah. Untuk modem venus fast2 milik saya, hanya perlu diotak-atik sedikit saja langsung jalan. Tak perlu wvdial, langsung lewat network-manager pun bisa! Perangkat ethernet dan wireless juga langsung terinstall dengan mantap. Dan yang tak kalah penting, semua fitur Backtrack, ada disini. 300 lebih tools-tools hacking dan pentest semuanya lengkap persis dengan milik Backtrack. Bahkan digadang-gadang bakalan lebih powerful dari pendahulunya, dikarenakan sekarang Kali Linux sudah benar-benar utuh berbasis Debian.

Dengan berbasis Debian Wheezy versi terbaru dari Debian, tentunya akan membuat Kali Linux menjadi distro yang sangat handal dan tangguh. Mengapa? Kali Linux akan mendapatkan singkronisasi repository hingga 4 kali dalam sehari sehingga membuat Kali Linux akan selalu up to date khususnya dalam perbaikan-perbaikan security dan update paket-paket terbaru yang disediakan Debian. Lihat disini untuk mengetahui hubungan Kali Linux dengan Debian.

Tampilan desktop Kali Linux

Bagi kalian yang berminat ingin mencari-cari informasi mengenai Kali Linux ini, silahkan langsung saja meluncur ke website resmi Kali Linux di www.kali.org atau bisa bertanya-tanya di forum-nya. Lihat juga apa yang baru pada Kali Linux.

Tertarik mencoba?


Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive