Let's Share your experience!!!

Close (X)


Apakah Anda membutuhkan sistem aplikasi untuk data science, absensi, pertokoan, sistem mikrokontroler Arduino/ Raspberry Pi?
Kami menyediakan semua kebutuhan sistem penyimpanan data jurnal dan akuntansi untuk toko anda, Dapat dikembangkan untuk sistem koperasi, Apapun permasalahan pertokoan, kami solusinya.
Kami di sini semua
Silahkan daftar atau gunakan akses kami menggunakan username kasir dan pasword 123456

Friday, November 18, 2011

Cara membuat satu ethernet menjadi memiliki beberapa ip address di Debian 6 squeeze

Sudah sekitar hampir seminggu saya tidak posting di blog ini, karena memang di tempat kosan saya di jakarta sama sekali enggak ada koneksi internet T_T, padahal kan niatnya selama saya PKL disana saya akan tetap posting sekitar 2 hari sekali, tapi yah mau digimanain lagi?

Yaudah lah, langsung wae...

Kalian pernah tau kan yang namanya virtual ip address? Jadi dalam satu ethernet card yang seharusnya hanya terdapat satu ip, ini bisa kita jadikan menjadi beberapa ip. Misalnya ipnya hanya 192.168.1.1,nah ini bisa kita tambahkan menjadi 192.168.1.2, 192.168.1.3 dan seterusnya. Ini benar-benar menguntungkan bukan? jadi kita ga perlu lagi membeli beberapa ethernet card jika membutuhkan beberapa ip address dalam satu komputer.

Cara menggunakannya gimana? Kita asumsikan ethernet anda berlabel eth0 dengan ip 192.168.1.1. lalu kita ingin menambahkan 4 ip lagi dengan ip 192.168.1.2, 192.168.1.3, 192.168.1.4, dan 192.168.1.5. Langsung saja ketikkan seperti ini :

# ifconfig eth0 192.168.1.1
# ifconfig eth0:0 192.168.1.2
# ifconfig eth0:1 192.168.1.3
# ifconfig eth0:2 192.168.1.4
# ifconfig eth0:3 192.168.1.5


Lalu check dengan perintah ifconfig, kalo hasilnya seperti ini maka sudah berhasil.


Lalu coba test ping satu persatu..


Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive