Let's Share your experience!!!

Close (X)


Apakah Anda membutuhkan sistem aplikasi untuk data science, absensi, pertokoan, sistem mikrokontroler Arduino/ Raspberry Pi?
Kami menyediakan semua kebutuhan sistem penyimpanan data jurnal dan akuntansi untuk toko anda, Dapat dikembangkan untuk sistem koperasi, Apapun permasalahan pertokoan, kami solusinya.
Kami di sini semua
Silahkan daftar atau gunakan akses kami menggunakan username kasir dan pasword 123456

Tuesday, November 8, 2011

Instalasi webserver apache + mysql + phpmyadmin dengan mudah di debian 6 squeeze


Udah 2 hari nih ga posting, akhirnya ada waktu juga buat posting lagi. Disempet-sempetin lah. :) Sambil nungguin ke index sama mbah google, kali ini saya mau ngeshare cara instalasi web server di debian. Sebenernya udah jadul juga sih pembahasan tentang ini, tapi apa salahnya kalo tujuannya untuk berbagi. ya enggak? Itung-itung buat nambah referensi orang lah. lagian supaya ga lupa juga sih. hehe

Langsung aja deh, pertama siapin dulu DVD 1 debian squeeze nya, terus masukin ke cd rom nya. Oh iya untuk gambarnya saya masukkan kedalam spoiler soalnya takut berat nanti webnya pas dibuka. Lanjut,, langsung ketik perintah ini. Installnya sekaligus aja biar cepet gitu loh :p.

$ apt-get install apache2 mysql-server phpmyadmin php5

tekan Y jika ditanya verifikasi.

1. Nanti akan muncul gambar seperti ini, maka masukkan password untuk mysql nya. its up to you. :)

2. Terus yang ini tekan spasi untuk memberikan tanda bintang pada apache2 nya. Kemudian tekan enter.

3. Kemudian nanti akan muncul tampilan kayak gini, pilih saja yes lalu tekan enter.

4. Masukkan password untuk phpmyadminnya. Terserah anda..

5. Samakan saja dengan password phpmyadmin diatas jika muncul tampilan seperti ini.

6. Lalu ketikkan lagi passwordnya untuk konfirmasi.

Selesai deh. hehe gampang kan?

Sekarang kita tes satu persatu. buka web browser di komputer client lalu ketikkan ip servernya. misalnya ip servernya 192.168.7.1, jadi kita buka http://192.168.7.1. jika muncul tampilan seperti ini maka berarti webserver apache2 nya telah berfungsi dengan baik

Lalu ketikkan lagi di webbrowser http://192.168.7.1/phpmyadmin, jika muncul seperti ini berarti phpmyadminnya juga berfungsi. Masukkan usernamenya root dan passwordnya yang telah anda isikan pada saat instalasi tadi.




Sebenernya fungsi dari phpmyadmin adalah untuk mengedit database mysql melalui tampilan web. jadi sebenarnya kalo udah berhasil login ke phpmyadminnya, berarti sudah dipastikan kalo mysqlnya telah berfungsi dengan baik juga. tapi supaya lebih afdol, kita coba tes juga di debian servernya. caranya ketik :

mysql -u root -p

terus masukkin password mysql nya.

Kalo muncul tampilan seperti diatas berarti mysql nya udah jalan. tinggal di konfigurasi aja deh. :)

Mudah bukan? Semoga bermanfaat. Ada yang kurang jelas komentar saja dibawah.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive