Friday, January 20, 2012

Ayo ikut dukung gerakan anti SOPA/PIPA !


Ini adalah RUU yang paling booming sekarang, hampir semua media-media online sedang membahas berita yang satu ini. Tapi sebenarnya apa sih SOPA dan PIPA itu? SOPA Stop Online Piracy Act adalah sebuah rancangan undang-undang yang mendefinisikan suatu "situs asing yang melanggar" sebagai situs apapun yang melakukan atau membantu pelanggaran hak cipta. Sedangkan PIPA Protect IP Act terbatas pada situs yang hanya digunakan untuk melakukan pelanggaran hak cipta. Apa dampak dari berlakunya RUU ini? Bisa dibayangkan akan ada berapa juta website yang akan "dihalalkan" untuk di blokir secara sepihak apabila terdapat satu saja content bajakan didalamnya. Padahal kan belum tentu jika si pemilik website tersebut yang menambahkan konten bajakannya. Sebagai contoh, Youtube adalah situs dimana para artis-artis mengunggah video-video klip resminya. Nah, bagaimana kalau ada orang iseng yang ikut-ikutan mengupload video klip artis tersebut? Tentunya video yang di upload orang ini termasuk konten bajakan kan? Nah,masa Youtube yang mau disalahkan?

Wikipedia, Youtube, Mozilla, Google, Twitter, Facebook, Ebay
dan Yahoo adalah beberapa perusahaan-perusahaan internet raksasa yang ikut mendukung gerakan anti SOPA/PIPA ini. Usaha yang paling terlihat menonjol adalah mogoknya situs wikipedia selama 24 jam pada hari Rabu kemarin. Dan kabarnya usaha dari mereka itu tampaknya membuahkan hasil, voting untuk RUU ini ditunda pada hari ini Sabtu, 21 Januari 2012. Klik link ini untuk keterangan lebih lanjut.

Oleh karena itu, ayo kita ikut dukung gerakan anti SOPA/PIPA ini sebagai bentuk usaha kita terhadap perlindungan kebebasan internet. Satu suara kita sangat berarti kawan. Silahkan klik link ini untuk join dengan mereka.

Click to Reveal!:







Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive