Sunday, January 29, 2012

Trik install paket .deb sekaligus dalam satu folder


Ini adalah trik iseng yang lumayan berguna untuk kalian yang sering menginstall paket-paket .deb secara offline. Kan kalo kalian ingin menginstall paket .deb biasanya ada beberapa paket .deb lainnya sebagai dependensi yang kalian letakkan semuanya di dalam satu folder. Kemudian kalian akan menginstallnya satu-satu bukan? Ini sungguh merepotkan, apalagi untuk menginstall ini kalian harus menggunakan Ubuntu Software Center (di Ubuntu) yang notabene berat untuk dibuka.

Oleh karena itu muncullah ide ini yang akan membuat penginstalan paket .deb sekaligus dalam satu folder akan lebih mudah. Trik ini juga menggunakan sebuah script nautilus yang mirip dengan postingan saya yang satu ini. Yuk langsung aja step by stepnya.

Trik install paket .deb sekaligus dalam satu folder

1. Download dulu scriptnya disini

2. Kopikan script tersebut ke /home/usernameanda/.gnome2/nautilus-scripts/disini. Misalnya punya saya di /home/rizal/.gnome2/nautilus-scripts/.

Click to Reveal !!:



nb : untuk memunculkan hidden folder .gnome2, tekan ctrl + H.

3. Beri hak akses executable pada scriptnya

$ chmod +x /home/usernameanda/.gnome2/nautilus-scripts/Install\ Deb

4. Tutup Nautilus kalian lalu buka kembali. Cara menggunakannya adalah dengan mengklik kanan pada salah satu file .deb nya, pilih scripts, pilih Install Deb. Maka dia akan menginstall semua paket tersebut secara otomatis.

Click to Reveal !!:



Semoa bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive