Friday, November 20, 2009

Ubuntu ? Apa Sih?





Arti Ubuntu sendiri dalam bahasa Afrika berarti "Humanity to others" yang dalam distribusinya membawa spirit ubuntu tersebut.

Ubuntu adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh komunitasnya dan berjalan baik untuk komputer Desktop, laptop dan juga server. Semua hal yang kita buntuhkan saat menggunakan ubuntu baik itu di rumah, sekolah maupun di tempat kerja, ubuntu telah menyertakan semua aplikasi yang kita butuhkan. Office, aplikasi email, software web server dan juga tool pemrograman. Kita bahkan bisa memilih server ( repository / software source ) sesuai keinginan kita saat kita butuh update ubuntu.

Ubuntu adalah sistem operasi yang gratis dan akan selalu gratis. Kita tidak harus mengeluarkan uang kita hanya untuk membayar lisensi. Kita juga dapat mendownload, memakai dan berbagi ataupun menyebarluaskan ubuntu kepada teman, keluarga, sekolah ataupun kantor dimana kita bekerja dengan status free dan legal.

Ubuntu selalu mengeluarkan rilis terbaru untuk ubuntu desktop maupun server dalam rentang waktu 6 bulan sekali. Hal ini berarti bahwa para penggunanya akan berkesempatan untuk selalu mendapatkan layanan open source ( ubuntu )  terbaru, dengan berbagai kelebihannya.


Ubuntu didesain dengan sistem security yang baik. Kita akan memperoleh update security untuk jangka waktu ( paling tidak ) 18 bulan untuk desktop maupun server.Dengan versi LTS ( Long Term Support ) ubuntu menawarkan hal terbaik untuk bekerja dengannya secara cuma-cuma. Untuk upgradenya pun ubuntu tidak mengenakan biaya.

Pokoknya, semua yang kita butuhkan, ada dalam satu CD, yang berisikan bejibun materi untuk pekerjaan kita dan juga adanya software-software tambahan yang bisa kita peroleh secara online.

Menu berbasis grafik, saat instalasi ubuntu memudahkan kita dalam memasangnya pada sistem kita menjadi lebih cepat dan mudah. Umumnya waktu instalasi memakan waktu sekitar 25 menit. Sekali terinstall di komputer kita, maka ubuntu telah siap untuk bekerja. Pada versi desktopnya, kita akan  secara penuh mendapatkan aplikasi office, internet, drawing dan juga aplikasi grafik serta game. Pada versi servernyapun kita akan mendapatkan apa yang sungguh-sungguh kita butuhkan.

Detil tentang ubuntu desktop
Dapatkan Ubuntu di sini
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive