Thursday, November 26, 2009

Unlock Password Bios Toshiba Satellite A80

Akhirnya, jebol juga proteksi Password Bios Notebook Toshiba Satelite A80. Setelah beberapa hari ga nemu juga triknya, setelah cukup pusing kepala dibikinnya. Bongkar pasang, nyari jalur, batre dan jumpernya. Akhirnya kena juga. Kena deh lu....

Ternyata untuk memulihkan setingan bios toshiba satelite A80, ga perlu pusing-pusing, bongkar pasang casing segala. Sebelumnya udah dicoba cara-cara klasik nebak key default untuk phoenix bios nya, dengan berbagai kombinasi kata-kata. Tapi  hasilnya nihil. Sempet lama hunting juga, ngikutin materi perkuliahan di google universitat, ey.. ga masuk juga tuh materi. Apa karena saya yang emang ga lucky nemuin dosennya yah ? ;)

Udah ah, yang penting saat nulis ini, passwordnya udah bisa di "Lewat Jo". Tinggal beresin di sana-sini dikit. Oia sedikit iklan yah? Untuk dokumentasinya, kita dapat suport dari micell tuh, dengan Sonyericsson K550i    nya, so bisa dapet hasil jepretan di sini. Biarpun agak burem ( atau emang burem banget yah ? ) ga penting, yang penting ada potonya di postingan ini. hehehe....

Singkatnya gini deh, Toshiba A80 ntu memiliki key untuk mereset setingan bios. Yang jadi masalah adalah bahwa di boarnya yang dua sisi atas dan bawahnya tuh ga ada petunjuk sebagai tempat untuk meresetnya. Yang saia inget dari riset mereset bios adalah bahwa titiknya biasanya adalah jp1. Kaya di mainboard desktop. Nah dari situ, kita coba untuk mencarinya. Butuh waktu lumayan lama untuk menemukan tersangkanya.

Senjata apa yang dibutuhkan ?
  • Satu ( 1 ) AK47 alias obeng ( + )
  • Satu SS1 alias obeng ( - )
  • Satu C4 keyakinan, bahwa kita akan mampu melakukannya. hehe..

Tersangkanya kemana? ternyata dia sembunyi di balik gedung tua  eh bukan, tapi di bawah slot memori yang ada pada penampang board bagian bawah. Mungkin karena takut dengan set persenjataan kita :). Artinya untuk mengaksesnya, kita perlu membuka penutup casing bagian bawah. Agak ditengah posisinya.

Lihatlah, disana ada satu blok besar, dekat dengan kipas di bagian bawah serta titik kait untuk optical drive nya. Ya, disanalah letaknya. Serang dengan AK47 obeng +, maka akan menemukan 2 slot memori di sana.

Ini dia point to pint nya :
  1. Baiknya buka dan lepaskan baterai notebook
  2. Buka atau angkat RAM yang ada
  3. Carilah jp / pin dengan warna keemasan di bagian ujung salah satu slot Slot RAM itu
  4. Amati sebentar, apa benar dengan yang kita temukan?
  5. Kalau udah yakin, ambillah SS1 obeng ( - ), saya menggunakannya. untuk melakukan short ( menghubungkan bagian yang terpisah).
  6. Short atau hubungkan kedua  bagian pada tersangka itu selam beberapa saat. Kalau penasaran boleh sampai setengah menit. Kalau udah kesemutan, lepaskan... hehe.. :)
  7. Pasang kembali RAM, tutuplah penutup bawah yang tadi dibuka.
  8. Pasanglah baterai notebook.
  9. Pencet tombol power, tunggu dan liat hasilnya. Kalau berhasil ucapkan "Aku bisa.. Aku bisa ;) hehey.. kalau belum, coba lagi shortnya, mungkin kurang pas.
NB.
*  batre di lepas


    Harusnya, kalau semua prosesinya sesuai yang diatas tadi, kita berhasil melakukan pembobolan dengan sukses. Biar jelas ini hasil jepretan yang burem tadi. Biar burem tapi saia harap masih bisa diliat. Maklum tadi lupa ga pakai setingan makro waktu shot gambarnya.




    Dus, ini gambarnya jo...














    Share:

    0 komentar:

    Post a Comment

    Blog Archive