1. Analisis untuk memahami permasalahan kinerja atau permasalahan yang berkaitan dengan penerapan teknologi baru merupakan sebuah teknik dalam merancang suatu sistem komputer yang interaktif yang sering disebut dengan....
a) Assesing need
b) Task analysis
c) Analysis system
d) Usability need
e) Usability testing
2. Aktivitas yang berfokus pada pengamatan digunakan untuk mengevaluasi produk dengan menguji pada pengguna merupakan sebuah teknik dalam merancang suatu sistem komputer yang interaktif yang sering disebut dengan ....
a) Usability testing
b) Usability need
c) Analysis system
d) Task analysis
e) Assesing need
3. ACM SIGCHI mendefinisikan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau Human-Computer Interaction (HCI) sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya. ACM SIGCHI merupakan singkatan dari ....
a) The Assosiation for Computing Machinery – Special Interest Group on Computer Human Interaction
b) The Assosiation for Computing Machinery – Side Interaction Group on Computer Human Interaction
c) The Assosiation for Computing Machine – Site Interaction Group on Computer Human Interaction
d) The Assosiation for Computing Machine – Special Interaction Group on Computer Human Interaction
e) The Assosiation for Computing Machinery – Site Interest Group on Computer Human Interaction
4. Berikut ini yang tidak termasuk dalam 5 measurable human factors dari tujuan perancangan sistem berdasarkan faktor manusia adalah ....
a) Kepuasaan objektif
b) Waktu belajar
c) Kecepatan kinerja
d) Tingkat kesalahan
e) Daya ingat
5. Berikut ini yang termasuk dalam pendekatan IMK berdasarkan Machine side, kecuali ....
a) Psikologi kognitif
b) Teknik komputer grafis
c) Sistem operasi
d) Bahasa pemograman
e) Environment yang relevan
6. Berikut ini yang termasuk dalam aspek-aspek dalam IMK berdasarkan Development process adalah ....
a) Evaluation techniques
b) Social organization and work
c) Application areas
d) Computer graphics
e) Dialogue genre
7. Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena dan bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain merupakan bagian dari aspek IMK dari ....
a) Dialogue genre
b) Language, Communication and Interaction
c) Social organization and work
d) Ergonomics
e) Input and Output Devices
8. Salah satu gaya atau metode yang digunakan dalam aspek IMK dalam Dialogue Genre yaitu ....
a) Model–model arsitektur kognitif
b) Persepsi
c) Aspek estetika
d) Tampilan warna
e) Multi user interface architecture
9. Berikut ini yang tidak termasuk dalam model atau jenis interaksi sebuah aplikasi adalah ....
a) Command line interface
b) Menu
c) Natural language
d) Script
e) Question/ answer and query dialogue
10. WIMP adalah elemen-elemen utama dari Graphical user interface dalam suatu aplikasi. WIMP merupakan singkatan dari ....
a) Windows Interface Menus Poin
b) Windows Interface Menus Pulse
c) Windows Interface Menus Printer
d) Windows Icons Menus Printer
e) Windows Icons Menus Pointer
11. Apa yang tercetak di printer merupakan informasi yang terkumpul dari data-data yang terlihat di layar monitor pada saat mencari data. Hal ini merupakan salah satu contoh pada prinsip utama mendesain interface dari ....
a) What You See Is What You Get
b) Work flow compatibility
c) Task compatibility
d) Product compatibility
e) User compatibility
12. Yang dimaksud dengan Luminance adalah ….
a) Suasana nyaman yang diciptakan oleh software engineer
b) Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek
c) Banyaknya audio yang dipantulkan oleh permukaan objek
c) Apa yang didapat adalah apa yang dilihatnya
d) Sebuah aplikasi sistem yang mengapdopsi sistem manualnya dan di dalamnya terdapat urutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan
13. Ada 2 cara menggali ingatan kembali dalam memori jangka panjang yaitu ....
a) Echoic dan Haptic
b) Iconic dan Echoic
c) Episodic dan Semantic
d) Haptic dan Iconic
e) Haptic dan Semantic
14. Mendapatkan kesimpulan logis dari pemberian premis dari umum ke khusus dari hal pertimbangan dan penyelesaian masalah adalah ....
a) Silogisme
b) Induktif
c) Konklusi
d) Deduktif
e) Abduktif
15. Berdasarkan dari sisi computer profile, berikut ini yang tidak termasuk dalam computer profile adalah ….
a) Prosessor
b) Alat masukan
c) Alat keluaran
d) Memori
e) Human memory
16. Sekumpulan data dibaca/ diproses oleh mesin, peran manusia dalam hal ini kecil, hanya sedikit intervensi/ campur tangan pengguna disebut dengan ....
a) Batch
b) Interaktif
c) Interface
d) Memory
e) Task
17. Berikut ini yang tidak termasuk dalam alat penempatan posisi dan penunjuk adalah ....
a) Mouse
b) Keyboard
c) Trackball
d) Thumb wheels
e) Cursor keys
18. Berikut ini merupakan bagian dari kelebihan manipulasi langsung, kecuali ....
a) Kompatibilitas kendali dan tampilan
b) Lebih sedikit sintaks
c) Memakan lebih banyak sumber daya sistem
d) Lebih banyak pencegahan kesalahan
e) Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat
19. Lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli disebut dengan ….
a) Visual display
b) Dynamics
c) Lexical qualities
d) Virtual reality
e) WIMP
20. Membuat suatu tugas menjadi wajar atau masuk akal, mudah dipahami, mudah diingat oleh penggunanya dalam IMK merupakan tujuan dari pembuatan ....
a) Episodic
b) Syntactics
c) Dynamics
d) Pragmatics
e) Organisasi semantic
21. Berikut ini yang bukan bagian dari menu semantic adalah ....
a) Single menu
b) Linear sequence
c) Tree structure
d) Cyclic network
e) Uncyclic network
22. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ….
a) Deductive reasoning
b) Inductive reasoning
c) Abductive reasoning
d) Semantic Organization
e) Trial and error
23. Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari warna primer. Warna tersebut adalah ....
a) Hitam, Putih, Cokelat
b) Hitam, Merah, Biru
c) Merah, Kuning, Biru
d) Hitam, Putih, Hijau
e) Merah, Hijau, Biru
24. Berdasarkan kombinasi warna terbaik dari latar belakang berwarna biru lebih cenderung untuk dikombinasikan dengan garis tipis dan teks berwarna ....
a) Putih, Hitam, Merah
b) Kuning, Hitam, Biru
c) Biru, Kuning, Merah
d) Biru, Hitam, Hijau
e) Putih, Kuning, Cyan
25. Warna Kuning, Magenta, Hitam, Cyan, Putih untuk garis tebal dan teks lebih baik dikombinasikan pada latar belakang dengan warna ....
a) Merah
b) Hijau
c) Kuning
d) Putih
e) Biru
No comments:
Post a Comment