Wednesday, October 5, 2016

Kisi-kisi Soal UTS dan UAS Logika dan Algoritma Pemrograman Beserta Jawaban

SOAL A
1. Algoritma berasal dari nama seorang Ilmuwan Arab yang bernama ....
a) Umar Khayyam
b) Al Battani
c) Abu Musa Jabir bin Hayyan
d) Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar-Razi
e) Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi

2. Setiap langkah algoritma harus didefinisikan dengan tepat dan tidak menimbulkan makna ganda merupakan bagian syarat Algoritma dari ….
a) Output
b) Finiteness
c) Efficiency
d) Input
e) Definiteness

3. Yang bukan termasuk syarat-syarat Algoritma menurut Donald E. Knuth adalah ….
a) Finiteness
b) Definiteness
c) Input
d) Output
e) Efficiency

4. Satu atau lebih instruksi yang dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya. Urutan dari instruksi menentukan hasil akhir dari suatu algoritma merupakan definisi dai struktur dasar Algoritma ....
a) Pengulangan
b) Pemilihan
c) Repetition
d) Selection
e) Sequence

5. Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah ….
a) Membuat program
b) Membeli komputer
c) Proses
d) Mempelajari program
e) Membuat Algoritma

6. Cara penulisan algoritma yang menyerupai bahasa pemrograman tingkat tinggi disebut dengan ....
a) Pseudocode
b) Assembler
c) Interpreter
d) Translator
e) Emulator

7. Cara penulisan algoritma dengan menggunakan notasi grafis yang merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan atau langkah-langkah dari suatu program dan hubungan antar proses beserta pernyataannya disebut dengan ....
a) Pseudocode
b) Flowchart
c) Emulator
d) Assembler
e) Interpreter

8. Setiap Algoritma akan selalu terdiri dari tiga bagian, bagian tersebut yaitu ….
a) Skripsi, Tesis, Disertasi
b) Header, Deklarasi, Deskripsi
c) Header, Leksikal, Sintaks
d) Sintaks, Leksikal, Deklarasi
e) Semantik, Sintaks, Deskripsi

9. Perhatikan gambar berikut:
Kisi-kisi Soal UTS dan UAS Logika dan Algoritma Pemrograman Beserta Jawaban
Simbol tersebut menggambarkan tentang ....
a) Terminator
b) Proses
c) Input / Output
d) Decision
e) Preparation

10. Tipe data yang hanya mengenal kondisi True atau False pada Bahasa pemrograman C++  adalah ....
a) string
b) char
c) int
d) boolean
e) real

11. Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses adalah ....
a) Start
b) Preparation
c) Decision
d) Input
e) Terminal

12. Suatu nilai yang telah di definisikan dan nilainya tidak akan berubah selama progran tersebut dieksekusi disebut dengan ….
a) Variabel
b) String
c) Operator
d) Integer
e) Konstanta

13. Dalam bahasa C++ terdapat suatu tipe data yang nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal adalah ....
a) bolean
b) real
c) string
d) int
e) char

14. Dalam bahasa C++ nilai dari tipe data int memiliki jangkauan nilai sebanyak ....
a) -1024 sampai 1024
b) -128 sampai 128
c) -32768 sampai 32767
d) -256 sampai 256
e) -512 sampai 512

15. Simbol atau kata yang dapat digunakan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi, seperti menjumlahkan dua nilai, memberikan nilai ke variabel, membandingkan dua buah nilai dan sebagainya disebut dengan ....
a) Operator
b) Variabel
c) String
d) Integer
e) Konstanta

16. +, -, *, dan / merupakan tipe operator dari bagian ....
a) arithmetic operator
b) assignment operator
c) increment dan decrement operator
d) bitwise operator
e) logical operator

17. &&, ||, dan ! merupakan tipe operator dari bagian ....
a) logical operator
b) relational operator
c) increment dan decrement operator
d) assignment operator
e) arithmetic operator

18. >, >=, ==, <=, <, dan != merupakan tipe operator dari bagian ....
a) logical operator
b) relational operator
c) increment dan decrement operator
d) assignment operator
e) arithmetic operator

19. >>, <<, dan ^ merupakan tipe operator dari bagian ....
a) bitwise operator
b) logical operator
c) increment dan decrement operator
d) assignment operator
e) arithmetic operator


20. Tipe data yang digunakan untuk menampung sebuah karakter adalah ....
a) bolean
b) char
c) string
d) int
e) real

21. Identifier berisi data yang dapat dirubah dalam program disebut dengan ....
a) Operator
b) String
c) Variabel
d) Integer
e) Konstanta

22. Suatu alokasi beberapa tempat di memori yang tersimpan secara berurutan yang digunakan untuk menyimpan beberapa nilai dengan tipe data yang homogen disebut dengan ....
a) Operator
b) Array
c) Variabel
d) Integer
e) Konstanta

23. Berikut ini yang tidak termasuk dalam tipe data abstrak adalah ....
a) Boolean
b) Stack
c) Queue
d) List
e) Graph

24. Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut dengan ....
a) Branching
b) Looping
c) Rekursif
d) Iteratif
e) Searching

25. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri disebut dengan ....
a) Branching
b) Looping
c) Rekursif
d) Iteratif

e) Searching

No comments:

Post a Comment